Kompas.com - 27/07/2020, 13:35 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com – Rusia menggelar parade Angkatan Laut berskala besar di Kronshtadt, St Petersburg, pada Minggu (26/7/2020).

Dilansir dari kantor berita pemerintah Rusia TASS, parade tersebut hanya peserta dengan jumlah terbatas karena saran pembatasan sosial oleh para epidemiolog.

Dalam parade tersebut, Rusia memamerkan beberapa unit kapal, seperti kapal selam Petropavlovsk-Kamchatsky dan kapal penyelamat Nina Sokolova.

Selain itu, ada kapal korvet Kazanets, Stoiky, dan Urengoy. Lainnya ada kapal patroli Vasily Bykov. Kapal serbu amfibi Korolyov dan Minsk juga tak ketinggalan hadir dalam parade tersebut.

Baca juga: Tegas, Jerman Tolak Usulan agar Rusia Masuk G7

Kapal perusak Vice Admiral Kulakov juga dipamerkan dalam parade tersebut.

Meski jumlah pesertanya terbatas, parade tersebut diikuti oleh 1.500 peserta.

Selain itu, terdapat 219 kapal dari berbagai kelas dan 71 pesawat juga turut dipamerkan dalam pawai tersebut. Tak ketinggalan 126 unit kendaraan tempur (ranpur) juga diikutsertakan.

Sementara itu, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, tahun ini Angkatan Laut Rusia akan mengoperasikan 40 unit kapal baru.

Baca juga: Inggris Tuduh Rusia Lakukan Uji Coba Senjata Luar Angkasa

Fokus kapal-kapal tersebut sedianya akan dilengkapi dengan persenjataan hipersonik.

“Tahun ini, 40 kapal dari berbagai kelas akan dioperasikan oleh Angkatan Laut Rusia,” kata Putin.

Putin menambahkan, beberapa waktu lalu Rusia juga memulai pembangunan enam kapal di tiga galangan kapal yang berbeda-beda.

Baca juga: Putin: Dunia Berutang Budi pada Uni Soviet

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber TASS
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.