Kompas.com - 27/07/2020, 11:18 WIB
Polisi berjaga di sekitar konsulat Amerika Serikat (AS) di Chengdu, Provinsi Sichuan, China, pada Senin (27/7/2020). Hari itu merupakan tenggat waktu pengosongan gedung, usai Beijing memerintahkan penutupan konsulat AS di Chengdu sebagai balasan ditutupnya konsulat China di Houston oleh AS. REUTERS/THOMAS PETERPolisi berjaga di sekitar konsulat Amerika Serikat (AS) di Chengdu, Provinsi Sichuan, China, pada Senin (27/7/2020). Hari itu merupakan tenggat waktu pengosongan gedung, usai Beijing memerintahkan penutupan konsulat AS di Chengdu sebagai balasan ditutupnya konsulat China di Houston oleh AS.

CHENGDU, KOMPAS.com - China resmi menutup konsulat Amerika Serikat (AS) di Chengdu pada Senin (27/7/2020) pukul 10.00 waktu setempat.

Penutupan ini dilakukan sebagai upaya balas dendam atas ditutupnya konsulat China oleh AS di Houston, Texas.

AFP memberitakan, bendera AS telah diturunkan di gedung konsulat Chengdu.

Baca juga: Momen di Hari Pengosongan Konsulat AS di Chengdu, Keamanan Dijaga Ketat

Kemudian Reuters mewartakan, polisi di Chengdu telah menutup akses masuk ke konsulat itu mulai pagi hari ini.

Sebanyak 4 petugas dengan pakaian pelindung berkeliling memeriksa keadaan di sekitar konsulat Chengdu pada pukul 10.24 siang waktu setempat.

Televisi pemerintah China CCTV melalui reporternya di lapangan, mengunggah video di Weibo yang menunjukkan bendera Amerika di depan konsulat Chengdu diturunkan pada pukul 6.18 pagi waktu setempat.

Baca juga: China Tutup Konsulat AS di Chengdu, Staf Langsung Beres-beres Keluar

Sebelumnya pada Minggu malam (26/7/2020), sebuah crane terlihat memasuki kompleks konsulat untuk mengangkat setidaknya satu kontainer ke sebuah truk besar.

Halaman:

Sumber Reuters,AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X