Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update Covid-19 di Australia, 6 Warga Meninggal dalam Waktu Sepekan Terakhir

Kompas.com - 26/07/2020, 17:22 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Editor

KOMPAS.com - Perkembangan pandemi Covid-19 di Australia dalam sepekan, 6 warga Melbourne meninggal dunia.

Sebanyak 6 warga yang tinggal di perumahan perawatan lansia meninggal dalam 24 jam terakhir yakni pada Jumat (24/7/2020), angka ini menjadi korban terbesar akibat pandemi virus corona di Melbourne.

Total warga yang meninggal di negara bagian Victoria akibat virus corona kini meningkat menjadi 55 orang.

Jumlah kasus infeksi baru yang tercatat pada Jumat (24/7/2020) sebanyak 300 orang, lebih rendah dari Kamis kemarin, yaitu sebanyak 403 kasus.

Perdana Menteri negara bagian Victoria, Daniel Andrews mengatakan dari 6 orang yang meninggal, 3 orang berusia sekitar 90 tahun dan 3 orang lainnya berusia sekitar 8 tahun.

Ada pun semua korban meninggal itu tinggal di rumah perawatan lansia.

Walau angka penularan hari Jumat menurun, PM Daniel mengatakan belum bisa dmenyimpulkan jika puncak penyebaran Covid-19 di Melbourne sudah berlalu.

Dalam jumpa pers pada Jumat (24/7/2020), dia menjelaskan semakin banyak tentara yang dikerahkan untuk membantu mengatasi masalah wabah virus corona, dari semula 300 anggota menjadi 1.400 anggota tentara.

Menurutnya anggota militer ini akan dikerahkan dari rumah ke rumah untuk melacak mereka yang tidak menjawab panggilan telepon dari pihak berwenang terkait Covid-19.

"Bila dengan alasan apa pun, anda tidak menjawab panggilan telepon (maka) anggota ADF akan mendatangi rumah Anda, bersama petugas lain untuk melakukan wawancara di rumah Anda," katanaya.

Mengenai pembatasan lebih ketat untuk wilayah Melbourne dan Mitchell Shire yang sudah memasuki minggu ketiga, Daniel Andrews mengatakan pembatasan yang ada sekarang ini sudah menunjukkan hasilnya.

"Yang kita ketahui adalah kalau kita tidak melakukan lockdown tahap ketiga ini, kita tidak akan melaporkan adanya 300 kasus infeksi per hari, melainkan ada ribuan kasus per hari," tambahnya.

Baca juga: Beri Semangat, Murid-murid Australia Nyanyi Lagu Rumah Kita untuk Siswa Indonesia

Tujuh kasus baru di Sydney

Sementara itu di negara bagian New South Wales ditemukan 7 kasus baru, setelah pihak berwenang melakukan tes dengan jumlah terbanyak sejauh ini, yakni sebanyak 36.169 tes.

Pihak berwenang mengatakan enam kasus memiliki kaitan dengan klaster restoran Thailand Thai Rock di Wetherill Park, sehingga klaster itu kasusnya naik menjadi 52 orang, sementara 1 kasus lagi belum diketahui asalnya.

Di NSW, termasuk kota Sydney, seluruh pekerja kesehatan yang bekerja di rumah sakit pemerintah diharuskan mengenakan masker dan seluruh pasien mengenakan masker bila memungkinkan.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com