Sejarawan Rusia Dipenjara atas Tuduhan Pelecehan Seksual

Kompas.com - 26/07/2020, 12:29 WIB
Yuri Dmitriyev divonis 3 setengah tahun penjara atas tuduhan pelecehan yang dilakukannya terhadap anak perempuan yang diadopsinya. AP/Vladimir LarionovYuri Dmitriyev divonis 3 setengah tahun penjara atas tuduhan pelecehan yang dilakukannya terhadap anak perempuan yang diadopsinya.

MOSKWA, KOMPAS.com - Seorang sejarawan Rusia yang menghabiskan sebagian besar hidupnya menggali kejahatan diktator Soviet, Joseph Stalin telah dipenjara dalam kasus pelecehan seksual yang sangat kontroversial.

Yuri Dmitriyev, sang sejarawan Rusia divonis 3 setengah tahun penjara atas tuduhan pelecehan yang dilakukannya terhadap anak perempuan yang diadopsinya.

Vonisnya diberikan oleh Pengadilan wilayah Karelia pada Rabu (22/7/2020).

Dmitriyev menolak tuduhan itu, koleganya bahkan mengatakan bahwa tuduhan itu hanyalah plot agar pekerjaannya didiskreditkan.

Pemerintahan Presiden Vladimir Putin memang telah berusaha menurunkan tingkat kekerasan era Stalin.

Dmitriyev yang telah mengungkap lokasi eksekusi dari Great Terror pada 1930-an diperkirakan akan dibebaskan akhir tahun ini.

Dilaporkan BBC Rusia, pendukungnya menerima putusan dengan lega dan bertepuk tangan saat dia diberikan hukuman penjara yang jauh lebih pendek daripada 15 tahun yang diminta penuntutan.

Baca juga: Dikarantina karena Tertular Covid-19, Gadis 14 Tahun Alami Pelecehan Seksual

Apa latarbelakang kasus Yuri Dmitriyev?

Dmitriyev dituduh oleh Jaksa Penuntut terlibat dalam pornografi anak. Dia pertama kali ditahan pada Desember 2016 silam.

Ketika polisi menyelidiki apartemennya, mereka menemukan beberapa foto dari komputernya yang menunjukkan gambar putri angkatnya dalam keadaan telanjang.

Pada tahun berikutnya, tuduhan pelecehan seksual tanpa kekerasan terhadap anak ditambahkan, berikut kepemilikan ilegal senjata api.

Halaman:

Sumber BBC
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X