Momen di Hari Pengosongan Konsulat AS di Chengdu, Keamanan Dijaga Ketat

Kompas.com - 26/07/2020, 12:04 WIB
Petugas polisi berbaris melewati Konsulat Jenderal AS di Chengdu, provinsi Sichuan, China 25 Juli 2020 REUTERS/Thomas PeterPetugas polisi berbaris melewati Konsulat Jenderal AS di Chengdu, provinsi Sichuan, China 25 Juli 2020

CHENGDU, KOMPAS.com - Momen pengosongan kantor konsulat Amerika Serikat (AS) di Chengdu, China, keamanan ketat dilakukan di luar kompelks konsulat pada Sabtu (25/7/2020) ketika staf mulai berkemas-kemas, sehari setelah China memerintahkan untuk menutup kantor konsulat tersebut.

Perintah penutupan kantor konsulat AS di Chengdu itu merupakan bentuk balasan kepada AS yang terlebih dahulu meminta China untuk menutup kantor konsulatnya di Houston.

Aksi saling menutup kantor konsulat itu semakin meningkatkan ketegangan hubungan antar kedua negara sebagai negara yang memiliki kekuatan ekonomi terbesar di dunia.

Tak lama setelah perintah penutupan di Houston pada Jumat, ada sekelompok pria yang tampaknya adalah pejabat AS, terlihat memaksa membuka pintu belakang untuk masuk ke dalam.

Baca juga: Tak Terima Konsulatnya di Houston Ditutup, China Balas Tutup Konsulat AS di Chengdu

Kementerian Luar Negeri China mengatakan pada Sabtu (25/7/2020) bahwa China akan merespon pelanggaran perjanjian internasional dan bilateral, tanpa ada penjelasan lebih lanjutnya.

Melansir Reuters pada Sabtu (25/7/2020), di hari penutupan konsulat di Chengdu, lambang konsulat AS di dalam kompleks mulai diturunkan dan para staf terlihat berkemas, dan 3 kendaraan pengangkut barang terlihat masuk ke dalam gedung.

Kemudian, sekelompok polisi terlihat berjaga di luar gedung dan menutup lalu linta jalan di kota barat daya China ini.

Sepanjang hari itu, terlihat banyak orang berjalan berlalu-lalang di seberang jalan pintu masuk. Banyak di antaranya yang berhenti untuk mengambil foto maupun video momen-momen penutupan kantor konsulat yang belum pernah terjadi, sebelum mereka dibubarkan oleh polisi.

Baca juga: China Tutup Konsulat AS di Chengdu, Staf Langsung Beres-beres Keluar

Baik konsulat maupun kedutaan AS di Beijing secara terbuka telah memberi tanggapan terkait penutupan kantor konsulat ini.

Rasa campur aduk

Perintah untuk menutup kantor konsulat di Chengdu, tidak lama setelah pemerintah Trump meminta China menutup kantor konsulatnya di Houston, dan diberi batas waktu 72 jam atau sampai Jumat (24/7/2020) pukul 4 sore.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X