Helikopter Israel Serang Suriah, Tensi Makin Panas dalam Sepekan

Kompas.com - 25/07/2020, 08:54 WIB
Ilustrasi helikopter Israel. ReutersIlustrasi helikopter Israel.

DAMASKUS, KOMPAS.com – Sejumlah helikopter militer Israel dilaporkan menyerang sasaran Angkatan Bersenjata Suriah ( SAF) pada Jumat (24/7/2020).

Pihak militer Israel menyebutkan serangan tersebut merupakan balasan atas serangan mortar yang dilancarkan oleh SAF ke Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel.

“Sejumlah sasaran telah diserang termasuk pos-pos pengamatan SAF dan markas pengumpul keterangan intelijen di pangkalan SAF,” tulis militer Israel sebagaimana dilansir dari Reuters, Sabtu (25/7/2020).

Kantor berita pemerintah Suriah SANA mengutip sebuah sumber militer yang mengatakan bahwa helikopter Israel menargetkan tiga pos terdepan di daerah Quneitra dengan serangan rudal.

Baca juga: Di Tengah Latihan Perang Menghalau Invasi China, Helikopter Taiwan Jatuh

Serangan tersebut menyebabkan dua orang mengalami luka-luka dan kebakaran hutan di beberapa lokasi.

Penyerangan tersebut terjadi setelah Israel mengklaim mendengar suara ledakan dari daerah Dataran Tinggi Golan yang diduduki Suriah.

Pihak Israel menyebutkan tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut namun sebauh bangunan dan sebuah kendaraan milik Israel telah rusak karenanya.

Ketegangan di sepanjang perbatasan Israel-Suriah meningkat dalam sepekan ini setelah anggota milisi Hizbullah tewas dalam sebuah serangan Israel di pinggiran kota Damaskus pada Senin.

Baca juga: Suriah Cegat Rudal Israel lalu Meledak di Langit Damaskus

Militer Israel mengatakan telah menyiapkan pasukannya di front utara, di mana Israel berbatasan dengan Lebanon dan Suriah.

Pada Agustus tahun lalu, dua anggota milisi Hizbullah juga tewas akibat serangan Israel di Damaskus.

Sekretaris Jenderal Hizbullah Sayyed Hassan Nasrallah sebelumnya pernah bersumpah akan merespons jika Israel membunuh anggota Hizbullah di Suriah.

Halaman:

Sumber Reuters
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X