Video Detik-detik Mencekam Mahan Air Iran Hampir Tabrak Jet Tempur F-15 AS

Kompas.com - 24/07/2020, 17:37 WIB
Tangkapan layar dari video amatir penumpang pesawat Mahan Air Iran, memperlihatkan kondisi di dalam pesawat yang berantakan, karena hampir bertabrakan dengan jet tempur F-15 Amerika Serikat. Insiden ini terjadi pada Kamis (23/7/2020). TWITTER @SamShahraviTangkapan layar dari video amatir penumpang pesawat Mahan Air Iran, memperlihatkan kondisi di dalam pesawat yang berantakan, karena hampir bertabrakan dengan jet tempur F-15 Amerika Serikat. Insiden ini terjadi pada Kamis (23/7/2020).

TEHERAN, KOMPAS.com - Kecelakaan hampir terjadi saat dua jet tempur F-15 Amerika Serikat ( AS) mencegat sebuah pesawat sipil Iran di langit Suriah, Kamis (23/7/2020).

Kantor berita resmi Iran IRIB mengonfirmasi insiden itu pada Jumat (24/7/2020).

Mereka awalnya melaporkan satu jet Israel terbang di dekat pesawat Mahan Air, tetapi kemudian meralatnya saat pilot mengatakan ada dua jet AS yang mengidentifikasi dirinya.

Baca juga: Dicegat AS, Pesawat Sipil Iran Nyaris Tabrak Jet Tempur F-15 di Suriah

Pilot Mahan Air menghubungi pilot jet untuk memperingatkan mereka tentang menjaga jarak aman, dan pilot jet mengidentifikasi diri mereka sebagai orang Amerika, lapor IRIB yang dikutip Daily Mail Jumat (24/7/2020).

Komando Pusat AS yang mengawasi operasi AS di Timur Tengah mengatakan, "F-15 pada misi udara rutin... melakukan inspeksi visual standar dari pesawat penumpang Mahan Air pada jarak aman sekitar 1.000 meter dari pesawat."

"Begitu pilot F-15 mengidentifikasi pesawat itu sebagai pesawat penumpang Mahan Air, F-15 membuka jarak dari pesawat dengan aman," ucap Komando Pusat.

"Pencegatan profesional dilakukan sesuai dengan standar internasional," tambahnya dikutip dari AFP.

Baca juga: Jet Tempur F-15 AS Jatuh di Inggris, Pilot Ditemukan Tewas

Pernyataan dari AS muncul setelah saluran televisi Iran IRIB menayangkan video amatir, dari para penumpang yang berteriak saat pesawat Mahan Air tampak berubah arah tiba-tiba.

Video yang beredar luas di media sosial menunjukkan sebuah pesawat jet yang terekam dari jendela Mahan Air.

IRIB melaporkan, seorang penumpang kepalanya terbentur atap kabin, dan video menunjukkan seorang penumpang lansia tergeletak di lantai.

Halaman:

Sumber Daily Mail
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X