Ketua DPR AS: Jika Kalah Pilpres AS, Trump Akan "Dibersihkan" dari Gedung Putih

Kompas.com - 22/07/2020, 15:13 WIB
Presiden Amerika Serikat Donald Trump (kanan) dan Ketua DPR AS Nancy Pelosi. Getty Images via BBCPresiden Amerika Serikat Donald Trump (kanan) dan Ketua DPR AS Nancy Pelosi.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Ketua DPR AS Nancy Pelosi menyatakan, Presiden Donald Trump bakal "dibersihkan" dari Gedung Putih jika dia kalah Pilpres AS 2020.

Politisi dari Partai Demokrat itu menekankan, sang presiden harus segera angkat kaki jika pada 3 November mendatang dia menuai kekalahan.

Dalam wawancara dengan MSNBC, Nancy Pelosi mengomentari bahwa jika Trump kalah dalam Pilpres AS, maka dia harus bersedia untuk keluar.

Baca juga: Trump Lolos dari Pemakzulan, Ketua DPR AS: Dia Tetap Jadi Ancaman Demokrasi Amerika

"Dia mungkin harus dibersihkan dari Gedung Putih karena ada presiden yang harus segera dilantik," jelas politisi berusia 80 tahun itu.

Dilansir Sky News Selasa (21/7/2020), Ketua DPR AS sejak 2019 itu menerangkan suka atau tidak suka, Trump harus meninggalkan Gedung Putih.

"Hanya karena dia tidak meninggalkan Gedung Putih bukan berarti kita tidak akan menggelar upacara pelantikan presiden terpilih AS," jelasnya.

Pelosi menanggapi ucapan presiden 74 tahun itu ketika diwawancarai Fox News, apakah dia akan menerima hasil Pilpres AS jika dinyatakan kalah.

Mendapat pertanyaan itu, presiden dari Partai Republik tersebut tidak memberikan jawaban secara gamblang. "Saya harus melihatnya dahulu."

"Saya harus memperhatikannya. Tidak saya tak akan langsung mengatakan 'ya' atau 'tidak', dan saya tidak melakukan seperti itu terakhir kali," tegasnya.

Baca juga: Ketua DPR AS Bungkam Politisi Demokrat yang Rayakan Pemakzulan Donald Trump

Pelosi menerangkan, dia mendapatkan kesan sang presiden tidak akan begitu saja menerima hasil dalam pertemuan "kelanjutan pemerintah reguler" pekan lalu.

Halaman:

Sumber Sky News
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X