Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jahit Masker N95 dengan Emas, Pria Ini Habis Rp 69 Juta

Kompas.com - 19/07/2020, 22:52 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Gulf News

NEW DELHI, KOMPAS.com - Seorang pria di India menjadi perbincangan setelah menjahit masker N95 dengan emas, di mana dia habis 350.000 rupee (Rp 69 juta).

Sejak kecil, Alok Mohanty, seorang pengusaha yang berasal dari Negara Bagian Odisha, begitu tergila-gila dengan yang namanya emas.

Obsesinya makin menggebu setelah di tengah wabah virus corona, mengenakan pelindung yang terbuat dari mineral berharga seolah jadi tren.

Baca juga: Tangkal Virus Corona, Pria Ini Pakai Masker Emas

Saat ini di India, sudah banyak sejumlah orang yang diberitakan mengenakan masker yang dibuat dari emas, perak, bahkan batu berlian.

Karena itu, Mohanty yang merupakan warga Cuttack segera mendatangi pengrajin perhiasan setempat, di mana dia setuju membuatkan pelindung mewah untuk si pengusaha.

Dilansir Gulf News Jumat (17/7/2020), fotonya yang tidak hanya mengenakan masker emas, tapi juga berbagai perhiasan berharga menyebar di internet.

Kepada media India, Mohanty mengatakan bahwa dia sudah memakai berbagai barang dari emas selama 30 sampai 40 terakhir, dan menuturkan benda itu adalah kelemahannya.

"Setelah melihat ada yang memakai masker emas, saya ke pengrajin supaya dia mendesain satu penutup wajah sesuai keinginan saya," jelasnya.

Penutup wajah mewah yang kemudian dipakai oleh pria itu ke jalanan sebenarnya adalah masker N95 biasa, yang kemudian dijahit menggunakan emas.

Dia mengklaim proses pembuatan pelindung mulut dan hidung itu butuh 22 hari dengan sekitar 90-100 gram emas kuning dipakai melapisi masker tersebut.

Baca juga: Orang Kaya India Beli Masker Emas, Harganya Setara 11.400 Porsi Sempol

Netizen India kemudian dengan cepat menanggapi foot itu, di mana mereka mendiskusikan apakah benda itu kini sudah menjadi tren di sana.

"Di masa depan, orang kaya tidak lagi dinilai dari gaya berpakaiannya. tapi dari masker yang dia kenakan," jelas warganet bernama narain41.

Sebelumnya dari Pune, seorang pria bernama Shankar Kurhade lebih dulu menjadi perhatian karena memakai masker emas untuk menangkal virus corona.

Kurhade menceirtakan, pembuatan pelindung tersebut butuh sekitar delapan hari dengan biaya 4.000 dollar AS, atau sekitar Rp 58,2 juta.

"Benda ini adalah masker tipis dan mempunyai pori-pori kecil yang bisa membantu saya bernapas," jelas Kurhade dilansir AFP.

Si pengusaha mengaku tidak yakin jika masker emas itu bisa melindunginya dari virus corona. "Tapi, saya mengambil langkah perlindungan," kata dia.

Lebih lanjut, pria 49 tahun itu mengungkapkan ketika keluar rumah, dia senang menghiasi diri dengan perhiasan emas hingga mencapai satu kilogram.

Baca juga: [VIDEO] Tajir Melintir, Pria di India Ini Pakai Masker Emas untuk Tangkal Virus Corona

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gulf News
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com