John Lewis, Ikon Gerakan Hak Sipil Melawan Rasialisme, Meninggal di Usia 80 Tahun

Kompas.com - 18/07/2020, 15:03 WIB
John Lewis, anggota DPR Amerika Serikat (AS) sekaligus pejuang hak sipil menentang rasialisme. Dia meninggal di usia 80 tahun. Getty Images via BBC IndonesiaJohn Lewis, anggota DPR Amerika Serikat (AS) sekaligus pejuang hak sipil menentang rasialisme. Dia meninggal di usia 80 tahun.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Rep John Lewis, pemimpin gerakan hak-hak sipil dan belakangan menjadi anggota Kongres AS, meninggal dunia pada usia 80 tahun.

Lewis adalah salah seorang dari "Enam Besar" (Big Six) pemimpin hak-hak sipil, diantaranya Martin Luther King Jr, dan membantu mengorganisasi peristiwa bersejarah "Pawai 1963" (1963 March) di Washington.

Sebagai anggota kongres, dia adalah politikus Partai Demokrat untuk wilayah Georgia, dan mewakili wilayah yang meliputi sebagian besar ibu kota negara bagian itu, Atlanta.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Martin Luther King Jr, Tokoh Persamaan Hak Sipil

Pada Desember 2019, Lewis mengumumkan bahwa dia telah didiagnosa menderita kanker pankreas stadium empat.

"Saya bertarung demi kebebasan, kesetaraan, hak asasi manusia, nyaris sepanjang hidup saya," ujarnya dalam pernyataan yang dirilis kala itu.

"Saya tidak pernah menghadapi pertarungan seperti yang saya alami saat ini."

Selama terlibat dalam gerakan hak-hak sipil, Lewis adalah salah satu pendiri Student Nonviolent Coordinating Committee (SNCC), dan kemudian menjadi pemimpinnya dari 1963 hingga 1966.

Dia terlibat dalam mengorganisir dan berpidato pada 'Pawai 1963' di Washington, sebuah aksi unjuk rasa di mana Dr. King menyampaikan pidato bersejarah I Have a Dream.

Ketua DPR Amerika Serikat sekaligus politikus Partai Demokrat, Nancy Pelosi mengkonfirmasi kematian Lewis dalam pernyataan yang diunggah di situs webnya dan di media sosial.

Dia menulis bahwa Lewis "adalah sosok penting dari gerakan hak-hak sipil, yang atas keyakinan dan keberaniannya, telah mengubah bangsa kita".

Baca juga: Kontras Nilai Eksekusi Mati TKI di Arab Saudi Melanggar Hak Sipil

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X