Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Social Distancing Diperlukan untuk Jangka Waktu yang Lama"

Kompas.com - 18/07/2020, 11:18 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

Sumber Metro

LONDON, KOMPAS.com - Kepala Petugas Medis Inggris (CMO), Profesor Chris Whitty memperingatkan pada Jumat (17/7/2020) bahwa jaga jarak sosial mungkin akan terus diberlakukan dalam jangka waktu lama di Inggris.

Melansir Metro, jaga jarak sosial (social distancing) masih akan terus diterapkan di Inggris meski Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson akan melonggarkan aturan seputar Covid-19 pada November mendatang.

Profesor Whitty mengatakan bahwa memusnahkan virus corona sangat tidak mungkin, sehingga manusia dipaksa untuk tetap melakukan tindakan pencegahan di masa mendatang.

Baca juga: Studi: Lebih dari Seperlima Orang Dewasa di Inggris Anggap Covid-19 Hoaks

Dia mengatakan kepada Pemimpin Komite Ilmu Pengetahuan dan Teknologi pada Jumat kemarin bahwa sementara ini langkah-langkah kebersihan tertentu akan tetap diadakan, menjaga jarak sosial yang aman dari orang lain juga perlu dipertahankan.

Ucapan itu muncul pasca Perdana Menteri Boris Johnson mengatakan dalam Konferensi Pers di Downing Street bahwa jaga jarak sosial mungkin akan berakhir pada November awal.

Profesor Whitty mengatakan, "Ada beberapa hal yang telah benar dimulai sejak awal, yang mana harus dilanjutkan di masa mendatang (yaitu) mencuci tangan, isolasi mandiri."

Baca juga: Ketidaksetaraan Ras di Inggris Picu Peningkatan Kasus Kematian akibat Covid-19

Dia menambahkan, pelacakan kontak, dan menutup wajah dengan masker adalah hal-hal yang juga harus dipertahankan.

"Semua perlu berlanjut untuk jangka waktu yang lama," ujar Profesor Whitty.

Memusnahkan Covid-19 dari negara yang 'sangat terhubung' seperti Inggris sangatlah sulit, ujar Profesor Whitty.

Dia menjelaskan, "Menghilangkan penyakit itu artinya memiliki nol kasus penularan (infeksi), di mana menjadi hal yang sangat sulit."

Baca juga: Kabar Baik di Tengah Wabah Corona: 434.098 Orang Sembuh | Boris Johnson Negatif Covid-19

Menurut Profesor Whitty, "Kita telah mencoba menghilangkan dan memberantas sejumlah besar penyakit selama bertahun-tahun."

Sejauh ini, menurutnya, manusia telah mencoba memberantas satu jenis cacar namun masih sulit untuk dilakukan. 

Ada pun menurut Komite, sangat penting menjaga diri agar kasus infeksi Covid-19 tetap rendah selama musim dingin yang sebentar lagi akan tiba di Eropa.

Profesor Whitty berpendapat, dengan menambahkan aplikasi pelacakan kontak virus corona bisa menjadi alat penting selama musim dingin atau selama ada lonjakan kasus infeksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Metro
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com