Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Senang Inggris Larang Huawei Masuk Jaringan 5G

Kompas.com - 16/07/2020, 06:36 WIB
Shintaloka Pradita Sicca,
Miranti Kencana Wirawan

Tim Redaksi

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Amerika Serikat (AS) memuji keputusan Inggris pada Selasa (14/7/2020) untuk menghapus secara bertahap raksasa telekomunikasi Huawei China dari jaringan 5G.

Melansir AFP pada Selasa (14/7/2020), Inggris mengambil langkah tersebut setelah beberapa bulan mendapat desakan dari AS.

"Kami menyambut baik berita bahwa Inggris berencana untuk melarang Huawei dari jaringan 5G ke depan dan menghapus peralatan Huawei yang tidak terpercaya dari jaringan yang ada," kata Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Korea Utara Dukung China, Salahkan Komentar AS atas Laut China Selatan

Pompeo mengungkapkan AS akan terus berkerja sama dengan Inggris untuk mengembangkan ekosistem 5G yang aman dan kuat, yang sangat penting bagi keamanan dan kemakmuran trans-Atlantik.

Meskipun ada peringatan pembalasan oleh Beijing, keluarnya larangan dari Inggris memberikan kemenangan kepada pemerintahan Donald Trump yang telah berusaha untuk mengisolasi telekomunikasi China.

Penasihat keamanan nasional Trump, Robert O'Brien, menulis di Twitter bahwa langkah Inggris menunjukkan "kesepakatan internasional yang berkembang".

Sementara, Huawei dan perusahaan lain yang diduga terkait dengan China "menimbulkan ancaman terhadap keamanan nasional."

Baca juga: Dituding Manajer Suntik Hormon, Karyawan Transgender Gerai Burger di AS Punya Gejala Covid-19 Sebelum Meninggal

Halaman:
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com