Korea Utara Dukung China, Salahkan Komentar AS atas Laut China Selatan

Kompas.com - 15/07/2020, 17:58 WIB
Bendera Korea Utara dan China. Getty/DWBendera Korea Utara dan China.

PYONGYANG, KOMPAS.com - Korea Utara menyalahkan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat ( AS), Mike Pompeo, atas komentarnya terhadap China terkait Laut China Selatan.

Hal itu menandakan Korea Utara berada dalam kubu China dalam keretakan hubungan antara China dengan AS sebagaimana dilansir dari Korea JoongAng Daily, Rabu (15/7/2020).

Melalui media resmi Pemerintah Korea Utara KCNA, Kementerian Luar Negeri Korea Utara mengatakan bahwa Pompeo membuat komentar yang sembrono atas klaim China terhadap Laut China Selatan.

“Bahwa negara non-Asia di seberang lautan, tidak puas dengan pernyataan cerobohnya atas masalah Laut China Selatan, telah melakukan pelecehan terhadap Partai Komunis China,” bunyi pernyataan tersebut.

Pernyataan tersebut menambahkan Pompeo telah melabeli Partai Komunis China sedemikian rupa seperti Covid-19 sebagai krisis yang disebabkan oleh China, jaringan 5G sebagai alat China, dan lain-lain.

Baca juga: Kim Yo Jong Perkuat Posisinya sebagai Orang Nomor 2 di Korea Utara

Pernyataan itu muncul sebagai tanggapan atas pengumuman Pompeo bahwa Amerika Serikat secara resmi menolak sebagian besar klaim Beijing di Laut Cina Selatan, Senin (13/7/2020).

Pompeo juga menambahkan pihaknya akan mendukung sekutu dan mitra AS di Asia Tenggara untuk melindungi hak kedaulatan mereka atas sumber daya di lepas pantai.

Kementerian Luar Negeri Korea Utara menambahkan bahwa kritik dari Pompeo terhadap China tersebut juga dimaksudkan untuk menodai kepercayaan orang-orang China pada Partai Komunis China.

“Untuk menodai prestise internasional Partai Komunis China dan untuk mengalahkan China dengan pelecehan terus-menerus dari dalam dan dari luar,” sambung pernyataan tersebut.

Pernyataan tersebut merupakan pernyataan pertama dari Korea Utara yang mendukung China atas konfliknya China dengan AS terkait Laut China Selatan belakangan ini.

Baca juga: Adik Kim Jong Un: Korea Utara Belum akan Berhenti Bikin Senjata Nuklir

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X