Melbourne Lockdown 2 Kali, Pertanda Kembali Normal Tak Bisa Buru-buru

Kompas.com - 13/07/2020, 08:00 WIB
Papan informasi Covid-19 di Melbourne, Australia, yang berisi kabar-kabar terbaru tentang pandemi virus corona. DEAN LEWINS/AAP via ABC INDONESIAPapan informasi Covid-19 di Melbourne, Australia, yang berisi kabar-kabar terbaru tentang pandemi virus corona.

MELBOURNE, KOMPAS.com - Kawasan Metropolitan Melbourne dan Mitchell Shire telah kembali ke Tahap 3 pembatasan tinggal di rumah, mulai Kamis (9/7/2020).

Premier Daniel Andrews Kepala Negara Bagian Victoria mengumumkan kebijakan ini, setelah ada 191 kasus penularan baru virus corona pada Selasa malam (7/7/2020), yang menjadi kasus harian tertinggi.

Lockdown akan dilakukan selama enam minggu ke depan. Warga di kawasan metropolitan Melbourne dan Micthell Shire hanya boleh meninggalkan rumah untuk satu dari empat alasan yaitu:

  • Belanja makanan dan keperluan penting.
  • Merawat orang lain.
  • Berolaharaga.
  • Belajar atau bekerja, jika tidak bisa melakukannya di rumah

Baca juga: Covid-19, Perbatasan di Australia Tutup untuk Pertama Kalinya dalam 1 Abad

Premier Daniel mengatakan, warga tidak dapat meninggalkan kawasan metropolitan Melbourne untuk berolahraga setiap hari (jadi, tidak bisa untuk jalan-jalan atau memancing di luar kota) dan warga harus tinggal di rumah utama, bukan di rumah liburan.

Liburan sekolah akan diperpanjang untuk banyak siswa, meskipun beberapa seperti murid di kelas 11 dan 12 atau murid sekolah kejuruan, akan kembali ke sekolah setelah liburan berakhir.

Anak-anak yang orangtuanya bekerja di sektor penting boleh mengikuti program liburan yang diawasi.

Setidaknya sembilan blok perumahan di Melbourne sekarang berada di-lockdown dengan ketat. Para penghuni tidak diizinkan pergi dengan alasan apa pun.

Baca juga: Antisipasi China, Australia Siapkan Bujet Militer Rp 2.700 Triliun

Pengumuman Selasa pekan lalu ini, ditindaklanjuti dengan Kepolisian New South Wales (NSW) dan Angkatan Pertahanan Australia berkumpul untuk menutup perbatasan NSW-Victoria yang diumumkan awal pekan ini.

Polisi telah memperingatkan "konsekuensi berat", termasuk penjara atau denda yang besar bagi mereka yang berusaha melintas tanpa izin.

Kembalinya lockdown di seluruh kawasan Melbourne meresahkan, tetapi kabar baiknya adalah diketahui pembatasan aturan berhasil, setelah wargamematuhinya.

Halaman:
Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X