Positif Corona dan Lepas Masker Saat Wawancara, Presiden Brasil Langgar KUHP

Kompas.com - 10/07/2020, 19:26 WIB
Tayangan dari TV Brasil menampilkan Presiden Brasil Jair Bolsonaro tersenyum di istana kepresidenan Planalto Palace di Brasilia, pada Selasa (7/7/2020). Di hari itu Bolsonaro dinyatakan positif Covid-19, tapi mengaku dirinya baik-baik saja serta hanya mengalami gejala ringan. TV BRASIL via AFPTayangan dari TV Brasil menampilkan Presiden Brasil Jair Bolsonaro tersenyum di istana kepresidenan Planalto Palace di Brasilia, pada Selasa (7/7/2020). Di hari itu Bolsonaro dinyatakan positif Covid-19, tapi mengaku dirinya baik-baik saja serta hanya mengalami gejala ringan.

BRASILIA, KOMPAS.com - Asosiasi pers Brasil akan mengajukan gugatan terhadap Presiden Jair Bolsonaro, karena melepas masker saat diwawancarai media usai positif Covid-19.

Gugatan akan dilayangkan karena Bolsonaro membahayakan nyawa sekelompok jurnalis yang mewawancarainya, dan melanggar KUHP.

Asosiasi pers "Negeri Samba" yang juga dikenal sebagai ABI, merilis pernyataan resmi bahwa Bolsonaro tidak menerapkan social distancing dalam konferensi pers pada Selasa (7/7/2020).

Di hari itulah ia mengumumkan telah dites positif Covid-19.

Baca juga: Meski Belum Terbukti Ampuh, Jair Bolsonaro Minum Hidroksiklorokuin guna Lawan Covid-19

Saat diwawancarai, Bolsonaro terlihat mundur dari wartawan untuk melepas maskernya guna menunjukkan bahwa ia baik-baik saja.

"Meski tahu dia terinfeksi Covid-19, Presiden Jair Bolsonaro terus bertindak secara kriminal dan membahayakan nyawa orang lain," ujar Presiden ABI Paulo Jeronimo de Sousa dalam sebuah pernyataan.

"Negara ini tidak bisa melihat lagi kelakuan yang tidak bertanggung jawab dan merupakan tindak kejahatan nyata terhadap kesehatan masyarakat, tanpa bereaksi," lanjutnya dikutip dari The Indian Express Kamis (9/7/2020).

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X