Kasus Corona di Dunia Mencapai 11,8 Juta, Satu Kematian Tiap 18 Detik

Kompas.com - 08/07/2020, 17:58 WIB
Ilustrasi: perawatan pasien positif terinfeksi virus corona ShutterstockIlustrasi: perawatan pasien positif terinfeksi virus corona

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Otoritas dari 214 negara dan teritori melaporkan terdapat 11,8 juta kasus Covid-19 dan 544.000 angka kematian, sejak China mengabarkan kasus pertama ke Badan Kesehatan Dunia (WHO), pada Desember 2019. 

Berdasar data Universitas Johns Hopkins, dilansir dari CNN (8/7/2020), AS menjadi negara yang paling terdampak Covid-19 dengan total kasus 2,9 juta dan 131.480 angka kematian.

Kemudian di bawahnya adalah Brazil dengan jumlah kasus 1,6 juta dan 66.741 angka kematian.

Baca juga: WHO Akui Bukti bahwa Virus Corona Dapat Menyebar Melalui Udara

Negara ketiga dengan kasus terbesar ada di India dengan jumlah kasus 742.417 dan 20.642 angka kematiannya.

Kematian di Eropa dan Amerika Utara sekarang lebih banyak dari pada Asia. Di Amerika Latin, Amerika Selatan, dan Karibia, proporsi kematian global masih terus meningkat.

Saat ini, kasus virus corona telah dilaporkan tersebar di setiap benua kecuali Antartika. Sebagian besar kasus dan kematian justru berada di luar daratan China, di mana wabah ini terdeteksi.

Baca juga: Sering Remehkan Covid-19, Ini Kata-kata Presiden Brasil Sebelum Positif Corona

Di China, Provinsi Hubei dengan penduduk 11 juta orang, yang menjadi wilayah dengan jumlah kasus paling tinggi.

Sebagian besar kasus infeksi yang dilaporkan berada di ibu kota Wuhan, di mana pasar hasil laut sekaligus satwa liar di sana diyakini sebagai lokasi awal kemunculan Covid-19.

Meski jumlah kasus terus meningkat, para ahli mengatakan belum tahu pasti seberapa mematikan virus itu, karena sejumlah kasus tidak terdiagnosis, seperti infeksi ringan atau tanpa gejala.

Direktur Institut Alergi dan Penyakit Menular Nasional AS, Dr Anthony Fauci, telah menempatkan tingkat kematian dari Covid-19 sekitar 2 persen, sementara WHO memperkirakan 3,4 persen.

Baca juga: Positif Corona, Presiden Brasil Jair Bolsonaro Lepas Masker dan Ingin Jalan-jalan

Halaman:
Baca tentang

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X