Kantor Keamanan Nasional Hong Kong Resmi Dibuka, Ini Tugas-tugasnya

Kompas.com - 08/07/2020, 17:13 WIB
Pembukaan kantor keamanan baru di Hong Kong dijaga ketat, termasuk dengan pengerahan unit penjinak bom. Kantor ini resmi dibuka pada Rabu (8/7/2020). GETTY IMAGES via BBC INDONESIAPembukaan kantor keamanan baru di Hong Kong dijaga ketat, termasuk dengan pengerahan unit penjinak bom. Kantor ini resmi dibuka pada Rabu (8/7/2020).

HONG KONG, KOMPAS.com - Kantor keamanan nasional China resmi dibuka untuk pertama kalinya di Hong Kong. pada Rabu (8/7/2020)

Kantor ini merupakan salah satu amanat dari UU Keamanan Nasional yang baru. Kebijakan itu dinilai dapat membungkam kritik terhadap China.

Hong Kong, sampai Undang-undang Keamanan yang baru disahkan, adalah satu-satunya bagian dari China yang tidak tunduk pada aturan-aturan dari Beijing.

Baca juga: Lewat UU Keamanan Nasional, Polisi Hong Kong Bisa Menggerebek Tanpa Surat Pengadilan

Undang-undang ini menimbulkan kekhawatiran di Hong Kong, tapi para pejabat mengatakan kebijakan ini akan membawa stabilitas keamanan setelah gelombang kekerasan terhadap para pengunjuk rasa.

Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam pada Selasa (7/7/2020) mengatakan, kebijakan ini "sebenarnya relatif ringan sejauh menyangkut Undang-undang Keamanan Nasional".

Dia juga mengatakan bahwa undang-undang itu memungkinkan warga Hong Kong untuk "menggunakan hak-hak dan kebebasan mereka tanpa diintimidasi dan diserang"

Baca juga: Dampak UU Keamanan Nasional, Internasional Serukan Larangan Ekstradisi

Kantor keamanan baru ini, sementara waktu akan beroperasi di sebuah hotel, di Causeway Bay, distrik komersial dekat dengan Victoria Park - lokasi yang biasa digunakan pengunjuk rasa pro-demokrasi melakukan aksi demonstrasi di Hong Kong.

Seremoni pembukaan kantor ini berlangsung Rabu pagi (8/7/2020) waktu setempat, yang turut mengundang Kepala Eksekutif Carrie Lam, dan orang-orang dari pemerintahan China yang dipercaya menjadi kepala di kantor tersebut, yakni Zheng Yanxiong.

Bendera China berkibar di depan kantor tersebut, yang dijaga ketat oleh petugas keamanan, termasuk dari unit penjinak bom.

Baca juga: Pejabat Garis Keras China Pimpin Badan Keamanan Nasional Hong Kong, Siapakah Dia?

Luo Huining kepala kantor penghubung Hong Kong-Beijing mengatakan, kantor itu akan menjadi "utusan bagi keamanan Hong Kong dan ini sekaligus menjadi penjaga gerbang keamanan nasional."

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X