Setengah dari Populasi Jerman Khawatirkan Gelombang Kedua Virus Corona

Kompas.com - 07/07/2020, 10:00 WIB
50 persen warga Jerman khawatir wabah gelombang kedua. DW Indonesia50 persen warga Jerman khawatir wabah gelombang kedua.

KOMPAS.com - Survei terbaru menunjukkan, 50 persen penduduk Jerman takut terhdap ancaman gelombang kedua penyebaran Covid-19.

Hampir 90 persen mengatakan mereka lebih memperhatikan jaga jarak dan lebih sering cuci tangan.

Setengah dari populasi Jerman menyatakan takut terjadi gelombang kedua wabah virus corona, menurut survei terbaru dari Deutschlandtrend yang dilakukan untuk siaran publik ARD dan dirilis Kamis (2/7/2020).

Sekitar 13 persen mengatakan kekhawatiran mereka sangat besar bahwa angka infeksi Covid-19 akan meningkat secara signifikan dalam beberapa minggu mendatang, sementara 37 persen lainnya mengatakan punya kekhawatiran besar.

Yang lain bersikap lebih santai. 32 persen mengatakan mereka kurang khawatir tentang gelombang kedua pandemi, dan 17 persen menyatakan lebih tidak khawatir.

Baca juga: AS Borong Remdesivir, Jerman Katakan Punya Stok Cukup

Cuci tangan untuk cegah penyebaran corona

Sebagai respons mereka terhadap wabah virus corona, penduduk Jerman benar-benar mengubah perilaku mereka secara signifikan.

89 persen mengatakan mereka mencuci tangan lebih sering, 88 persen mengatakan mereka sekarang menjaga jarak yang jelas dengan orang lain.

72 persen menyatakan mereka hanya bertemu teman dan saudara sampai batas tertentu saja.

Lebih dari setengah penduduk Jerman (57 persen) mengatakan mereka tidak akan pergi liburan pada musim panas tahun ini, sementara 39 persen akan melanjutkan rencana liburan meski pun ada pandemi.

Sebagian besar penduduk di Jerman menerangkan mematuhi kewajiban mengenakan masker pelindung di mana hal itu wajib dilakukan, sedangkan 80 persen mengatakan mereka tidak mengenakan masker, di mana hal itu tidak diharuskan berdasarkan protokol kesehatan.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X