Iran Klaim Bangun "Kota Rudal" di Bawah Tanah

Kompas.com - 06/07/2020, 14:32 WIB
Laksamana Muda Alireza Tangsiri, Komandan Angkatan Laut Garda Revolusi Iran. Screengrab from YouTubeLaksamana Muda Alireza Tangsiri, Komandan Angkatan Laut Garda Revolusi Iran.

TEHERAN, KOMPAS.com - Seorang komandan Iran mengklaim, mereka membangun "kota rudal" yang berlokasi di bawah tanah, tepatnya di pesisir selatan.

Laksamana Muda Alireza Tangsiri dari Garda Revolusi memperingatkan, senjata itu bakal menjadi "mimpi buruk" bagi negara musuh.

Baca juga: Disorot karena Fasilitas Nuklir Iran Terbakar, Israel Buka Suara

Tangsiri yang merupakan komandan angkatan laut Garda Revolusi mengatakan, situs " kota rudal" itu berisi misil "udara ke permukaan".

"Iran sudah membangun kota rudal laut dan lepas pantai di sepanjang kawasan Teluk Persia dan Teluk Oman," jelas Tangsiri kepada harian Sobh-e Sadeq.

"(Misil) ini akan menjadi mimpi buruk bagi musuh-musuh kami," ancamnya seperti dilaporkan Reuters via Times of Israel Senin (6/7/2020).

Tangsiri menggunakan istilah "kota misil", merujuk kepada fasilitas bawah tanah untuk menyimpan peluru kendali guna mencegah mereka dari serangan udara.

Salah satu petinggi top di jajaran Garda Revolusi tersebut mengklaim, sebentar lagi mereka akan mengumumkan rudal jarak jauh dan peresmian kapal perang.

Dia menyatakan, saat ini militer tengah memonitor setiap pergerakan di Selat Hormuz, celah sempit yang berada di antara Teluk Persia dan Teluk Oman.

Iran sudah mengancam bakal menutup selat tersebut, yang menjadi lalu lintas perdagangan internasional dan menyokong 20 persen transaksi minyak dunia.

Komentar Tangsiri itu terjadi di tengah berbagai insiden yang menimpa negaranya. Salah satunya adalah situs nuklir di Natanz.

Kanal televisi Israel melaporkan, Tel Aviv siap untuk menerima serangan balasan Iran seiring pengakuan pejabat anonim bahwa ada yang menyabotase Natanz.

Baca juga: Situs Nuklir Terbakar, Iran Siap Kirim Serangan Balasan


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X