Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Nama Mirip Kanye West dalam Daftar Calon Presiden AS

Kompas.com - 06/07/2020, 10:19 WIB
Shintaloka Pradita Sicca,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Berkali-kali sudah Kanye West mengatakan ingin menjadi presiden AS, karena terinspirasi dari Donlad Trump.

Pada Minggu (5/7/2020), West mengejutkan penggemar dengan mengumumkan melalui Twitternya bahwa ia mencalonkan diri sebagai presiden AS di pemilihan 2020 ini.

Dalam kicauannya, ia menuliskan, "Kita sekarang harus menyadari janji Amerika dengan memercayai Tuhan, menyatukan visi kita dan membangun masa depan kita. Saya mencalonkan diri sebagai presiden Amerika Serikat." Disertai "#2020VISION".

Baca juga: Kanye West Sudah 3 Kali Bilang Ingin Jadi Presiden AS

Namun, belum ada bukti bahwa West secara nyata telah melengkapi dokumen dalam prosedur pencalonan diri sebagai presiden AS.

Dicek dalam basis data FEC pada 2020 ini, terdapat satu nama yang terdaftar sebagai kandidat calon presiden AS, yang mirip dengan nama Kanye West, yaitu Kanye Deez Nutz West.

Berdasarkan data yang ada dilansir dari Forbes (5/6/2020), kandidat itu berasal dari Partai Hijau. Jadi, itu bukan West.

Baca juga: Jika Kanye West Serius Ingin Jadi Presiden AS, Ini Langkah yang Harus Ditempuh

Laporan serupa datang juga dari Reuters. Menurut laporan Reuters hingga berita terbit pada Senin (6/7/2020), belum ada informasi pasti tentang pengajuan dokumen yang dilakukan West.

Reuters mengatakan belum mendapatkan tanggapan dari pihak West terkait keseriusannya untuk mencalonkan diri.

Selang tak lama dari suami Kim Kardashian mengatakan mencalonkan diri sebagai presiden AS di Twitter, dukungan datang CEO Tesla, yaitu Elon Musk.

Baca juga: Tantang Trump, Kanye West Calonkan Diri Jadi Presiden AS

Dalam kicauannya di Twitter, Musk mengatakan, "Kamu mendapatkan dukungan penuh dari ku."

Sementara ini belum jelas juga posisi politik dari Kanye West. Hanya diketahui bahwa West dulunya adalah salah satu pendukung Presiden Donald Trump dari kalangan industri hiburan.

Dia belum menjelaskan juga alasan dukungannya saat itu. Namun sang istri, pada sebuah wawancara 2018 dengan Van Jones mengatakan, "Sebenarnya tidak politis (alasannya)."

Baca juga: Bernie Sanders Mundur sebagai Calon Presiden AS

"Dia hanya menyukai kepribadian dari Donald Trump, tapi dia tidak tahu soal politik. Dia selalu bicara bahwa bahwa dia berteman dengan Trump," ujar Kardashian.

Baru-baru ini, West bergabung dalam gerakan protes "Black Lives Matter" yang bertentangan dengan Trump. Namun jika mengingat era arus digital, itu bisa jadi hanyalah strategi marketing dari Kanye West.

Dalam era arus digital saat ini, untuk menciptakan arus massa tidak terbatas tentang pujian atau hal yang positif, hal yang negatif berupa ejekan pun sama pentingnya.

Baca juga: Mantan Presiden AS George W Bush Tak Akan Pilih Trump di Pilpres 2020

Sehingga, sulit untuk dijelaskan sikap Kanye West yang menjgambil langkah untuk bersaing dengan sahabatnya, Donald Trump. Yang pasti, nama Kanye West tidak pernah berhenti menjadi sorotan publik.

Lalu apa pun yang terjadi dengan "pemilihan" presiden 2020, tentu saja tidak akan membuat penjualan album atau produk lain dari brand-nya terancam bahaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com