Strain 96,2 Persen Mirip Covid-19 Ditemukan di Tambang China pada 2013

Kompas.com - 05/07/2020, 19:41 WIB
Ilustrasi Virus Corona Stocktrek Images/Getty Images Ilustrasi Virus Corona

BEIJING, KOMPAS.com - Strain yang sangat mirip Covid-19 ternyata sudah ditemukan para ilmuwan China pada 2013, di sebuah tambang yang terbengkalai.

Strain ini memiliki kecocokan 96,2 persen dengan Covid-19 yang sedang mewabah saat ini.

Sampel strain tersebut dinamakan RaTG13 dan didapat dari kelelawar, yang penelitiannya diunggah Dr Shi Zhengli di jurnal Nature.

Baca juga: China Publikasi Data Genom Virus Corona di Beijing, Diduga Strain Eropa

Laporan dari The Sunday Times yang dilansir The Sun pada Minggu (5/7/2020) menyebutkan, strain yang ditemukan di tambang penuh kelelawar dan tikus itu kemudian dibawa dan disimpan selama bertahun-tahun di Institut Virologi Wuhan, China.

Penemuan strain yang sangat mirip Covid-19 ini dikatakan sebagai temuan kuat, dalam penelusuran dari mana pandemi ini bermula.

Strain tersebut ditemukan setelah 6 pria pada 2012 mengalami demam, batuk, dan radang paru-paru. Separuh dari mereka gejalanya sangat berat setelah bekerja di tambang.

Baca juga: Mungkinkah Ada Dua Strain Virus Covid-19, Satu di Antaranya Mematikan?

Laporan itu mengatakan, 4 dari 6 pria itu dinyatakan positif memiliki antibodi virus corona, tetapi 2 orang meninggal sebelum diperiksa.

Dr Shi Zhengli yang dijuluki "Wanita Kelelawar" oleh rekan-rekannya di Institut Virologi Wuhan, pada Februari ikut menulis makalah akademis tentang virus corona jenis baru.

Akan tetapi salah satu rekan lama Dr Shi menuding sampel RaTG13 itu informasinya tidak dibagikan.

Baca juga: Misteri Institut Virologi Wuhan, Sebenarnya Apa yang Dikerjakan dan Disimpan di Sana?

Kabar ini muncul setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada April meyakini, bahwa Covid-19 berasal dari Institut Virologi Wuhan.

Halaman:
Baca tentang

Sumber The Sun
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X