Zona Hijau Diserang, Rudal Hampir Hantam Kedubes AS di Irak

Kompas.com - 05/07/2020, 16:20 WIB
Ilustrasi rudal. SHUTTERSTOCKIlustrasi rudal.

BAGHDAD, KOMPAS.com - Sebuah rudal ditembakkan ke Zona Hijau di Baghdad, yang merupakan lokasi Kedutaan Besar Amerika Serikat ( AS) dan kantor-kantor kedubes lainnya di Irak.

Serangan pada Minggu (5/7/2020) dini hari waktu setempat ini berhasil digagalkan, tapi melukai seorang anak dan merusak sebuah rumah.

Di saat yang sama, pasukan keamanan dapat menghentikan rudal Katyusha lainnya dari peluncuran ke pangkalan udara militer Taji di sisi utara Baghdad, yang dihuni pasukan AS.

Baca juga: Cegah Tentara Turki Masuk Lebih Jauh, Pasukan Irak Siaga di Perbatasan

Keterangan tersebut disampaikan oleh pernyataan militer Irak sebagaimana dikutip Reuters hari ini.

Akan tetapi militer Irak tidak memberi keterangan lebih lanjut.

Para pejabat AS menuding milisi yang didukung Iran sebagai otak di balik serangan-serangan rudal di fasilitas AS, termasuk di dekat kedutaan besar di Baghdad ini.

Baca juga: Irak akan Tukar Minyak dengan Makanan dari Lebanon

Namun, belum ada kelompok-kelompok dukungan Iran yang mengklaim serangan ini.

Polisi dan petugas medis mengonfirmasi seorang anak terluka ringan, dan mengatakan penyebab luka adalah pecahan rudal yang jatuh di sebuah rumah.

Halaman:

Sumber Reuters
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X