Trump Rayakan Hari Kemerdekaan AS, 7.500 Orang Diperkirakan Hadir

Kompas.com - 04/07/2020, 11:24 WIB
Presiden Amerika Serikat Donald Trump saat berkampanye di BOK Center, Tulsa, Oklahoma, pada Sabtu (20/6/2020). AP/IAN MAULEPresiden Amerika Serikat Donald Trump saat berkampanye di BOK Center, Tulsa, Oklahoma, pada Sabtu (20/6/2020).

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, akan memimpin perayaan hari kemerdekaan AS di Mount Rushmore, South Dakota, AS, pada Sabtu (4/7/2020).

Presiden 74 tahun itu akan berpidato di situs terkenal yang terdapat empat ukiran wajah mantan Presiden AS berukuran raksasa.

Pesta kembang api juga disiapkan untuk merayakan hari kemerdekaan AS yang jatuh setiap 4 Juli tersebut. Perayaan itu diperkirakan akan dihadiri oleh 7.500 orang. 

Kendati menghimpun banyak orang, penerapan jaga jarak tidak dilakukan secara ketat. Masker juga akan disiapkan namun tidak diwajibkan untuk memakainya.

Trump mendapat kritik keras karena menggelar acara tersebut di tengah wabah corona yang masih merebak.

Baca juga: Hari Kemerdekaan AS, Trump Persembahkan Parade Hormat untuk Amerika

Acara tersebut juga menimbulkan kekhawatiran atas penyebaran virus Covid-19 yang semakin masif dan kekhawatiran terjadinya kebakaran karena kembang api.

Gubernur South Dakota dari Partai Republik, Kristi Noem, menjanjikan ketersediaan masker dan menyilakan orang untuk memakainya. 

"Kami tidak akan menerapkan penjagaan jarak. Kami juga menyampaikan bagi warga yang masih khawatir bisa tinggal di rumah," Ujar Noem sebagaimana dilansir dari BBC.

Pesta kembang api tersebut akan menjadi pesta kembang api pertama di Mount Rushmore setelah absen lebih dari satu dekade.

Selama sepuluh tahun lebih kembang api dilarang dinyalakan di Mount Rushmore karena masalah lingkungan.

Baca juga: Jelang Parade Hari Kemerdekaan AS, Tank Mulai Dibawa ke Ibu Kota

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X