Ekonomi Bangkit, Trump Sesumbar AS Bisa Hentikan Pandemi Corona

Kompas.com - 03/07/2020, 15:01 WIB
Presiden Amerika Serikat Donald Trump saat berkampanye di BOK Center, Tulsa, Oklahoma, pada Sabtu (20/6/2020). AP/IAN MAULEPresiden Amerika Serikat Donald Trump saat berkampanye di BOK Center, Tulsa, Oklahoma, pada Sabtu (20/6/2020).

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada Kamis (2/7/2020) mengumumkan, pemerintahannya telah menyelamatkan ekonomi AS dari "peristiwa mengerikan" yang berasal dari China.

Trump menyatakan AS "dapat menghentikan" pandemi. "Mereka tahu dan saya tahu," katanya dikutip London Evening Standard Kamis (2/7/2020).

Sindiran itu melanjutkan kritikan tajam yang pernah ia sampaikan kepada China selama krisis global, setelah Covid-19 pertama kali merebak di kota Wuhan akhir tahun lalu, sebelum menyebar ke seluruh dunia.

Baca juga: Virus Corona di AS Sudah Lewati Puncak, Trump Akan Longgarkan Lockdown

Pada Kamis juga Trump menyampaikan, pemerintahannya bertanggung jawab mengurangi tingkat pengangguran dan menghidupkan kembali pasar saham, setelah publikasi laporan kerja yang lebih baik dari perkiraan pemerintah.

Laporan itu menunjukan terdapat 4,8 juta lapangan pekerjaan dan tingkat pengangguran turun menjadi 11,1 persen pada bulan lalu, ketika negara-negara mulai membuka kembali aktivitas bisnis dari lockdown.

"Ini bukan angka yang dimiliki oleh pemerintahan lain, dan mereka tidak akan memilikinya," sesumbar Trump.

Baca juga: Infeksi Virus Corona di AS Capai 300.000 Orang, Trump Beri Peringatan

Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa menaikkan pajak itu artinya akan membuat nilai jaminan pensiun dan pasar saham akan "turun menjadi nol".

"Satu-satunya yang akan membunuh itu adalah presiden yang buruk atau presiden yang ingin menaikkan pajak," ucapnya.

Kondisi perbaikan bisnis dikatakannya dapat dicapai suatu negara dalam kondisi pandemi seperti saat ini adalah karena kemampuan pemerintahannya, bukan hanya sekadar keberuntungan.

Baca juga: Ini Perkiraan Puncak Wabah Virus Corona di AS

"Semua berita luar biasa ini adalah hasil dari tindakan bersejarah yang telah diambil pemerintah saya bekerja dengan kolega kami di kongres untuk menyelamatkan ekonomi AS dari peristiwa mengerikan yang dibentuk, terjadi di China, dan berlanjut ke sini,"

Halaman:
Baca tentang

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X