78 Persen Warga Rusia Setuju Putin Berkuasa 16 Tahun Lagi

Kompas.com - 02/07/2020, 15:29 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin menunjukkan paspornya kepada anggota komisi pemilihan ketika dia tiba untuk mengambil bagian dalam pemungutan suara di tempat pemungutan suara di Moskwa, Rusia, Rabu, 1 Juli 2020. AP/Alexei DruzhininPresiden Rusia Vladimir Putin menunjukkan paspornya kepada anggota komisi pemilihan ketika dia tiba untuk mengambil bagian dalam pemungutan suara di tempat pemungutan suara di Moskwa, Rusia, Rabu, 1 Juli 2020.

MOSKWA, KOMPAS.com - Sekitar 78.03 persen warga Rusia telah menyatakan dukungannya dalam amendemen konstitusi berdasarkan data dari Komisi Pusat Pemilihan Umum (CEC) setelah menghitung 99.02 persen surat suara.

Sementara dilansir The Associated Press, dengan tiga per empat dari semua daerah dihitung, sebanyak 77,6 persen memilih amendemen konstitusi.

Berdasarkan CEC, sebanyak 21.16 persen pemilih menolak mendukung amendemen konstitusi. Jumlah pemilih berdasarkan update terakhir adalah sebanyak 65 persen.

Ada pun syarat amendemen konstitusi mulai berlaku jika didukung oleh lebih dari setengah yang ikut serta. Selain itu, diketahui bahwa tidak ada jumlah pemilih minimum.

Baca juga: Referendum Beri Jalan Bagi Putin untuk Pimpin Rusia Selama 36 Tahun

Sebelumnya pada Selasa kemarin, Presiden Rusia Vladimir Putin menyeru pada warga Rusia jelang pemungutan suara pada Rabu kemarin (1/7/2020).

Dalam seruannya, dia meminta pada semua warga Rusia untuk memilih, mencatat bahwa amendemen akan disetujui hanya jika warga negara mendukung.

Menurut Putin, perubahan yang diusulkan akan mengabadikan nilai-nilai kunci rakyat Rusia dalam UU Dasar negara itu.

Baca juga: Putin: Dunia Berutang Budi pada Uni Soviet

Kemarin juga, pada Rabu (1/7/2020), Putin ikut memilih dalam pemilihan nasional Rusia untuk amendemen konstitusi.

Putin mendatangi tempat pemilihan di gedung Akademi Sains Rusia di bagian barat daya Moskwa, di mana dia secara tradisi melakukan pemilihan di sana.

Menurut keputusan Komisi Pemilihan Umum, tempat pemungutan suara di seluruh negeri telah dibuka mulai pukul 8:00 hingga 20:00 waktu setempat antara 25 Juni sampai 1 Juli kemarin.

Baca juga: Tulisan Putin tentang Perang Dunia II, Buat AS Penasaran

 

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X