Kompas.com - 30/06/2020, 07:33 WIB
Foto udara bayangan salib di pemakaman Parque Taruma, di tengah penyebaran penyakit virus korona (COVID-19) di Manaus, Brazil, Senin (15/6/2020). Foto diambil dengan drone. ANTARA FOTO/REUTERS/BRUNO KELLYFoto udara bayangan salib di pemakaman Parque Taruma, di tengah penyebaran penyakit virus korona (COVID-19) di Manaus, Brazil, Senin (15/6/2020). Foto diambil dengan drone.

BRASILIA, KOMPAS.com - Sejumlah pengunjuk rasa di Brasil maupun seluruh dunia mengecam Presiden Jair Bolsonaro, setelah alami pekan terburuk wabah Covid-19.

Demonstrasi "Stop Bolsonaro" menggema tidak hanya secara daring, namun juga terjadi di jalanan kota besar Negeri "Samba" maupun 20 negara lain.

Dalam orasinya yang berlangsung Minggu (28/6/2020), massa mendesak Presiden Jair Bolsonaro mundur seraya menyebutnya ancaman bagi demokrasi.

Baca juga: Presiden Brasil Jair Bolsonaro: Sepertinya Saya Terinfeksi Virus Corona

Aksi itu terjadi setelah dalam sepekan terakhir, Kementerian Kesehatan Brasil mencatatkan 259.105 kasus Covid-19, catatan tertinggi negara itu.

Brasilia juga melaporkan 7.005 orang terbunuh karena virus corona, setelah pada pekan sebelumnya mereka mencatatkan 7.285 korban meninggal.

Dengan 1,3 juta kasus positif dan 57.622 kematian, Negeri "Samba" menjadi hot spot baru pandemi, dan negara kedua yang paling terdampak di dunia setelah AS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bolsonaro, yang selalu menyebut wabah itu "flu ringan", mendapatkan kecaman luar biasa karena kebijakannya dalam mengatasi pandemi.

Presiden sayap kanan itu terus menerus menyangkal bukti yang makin meluas di negara berpenduduk terpadat di kawasan Amerika Latin itu.

Di ibu kota Brasilia, para pengunjuk rasa memasang 1.000 salib di halaman depan kongres sebagai bentuk penghormatan bagi korban meninggal virus corona.

Selain itu, mereka juga memasang spanduk yang bertuliskan "Bolsonaro, berhenti menyangkal!", seperti diberitakan Al Jazeera.

Baca juga: Pasien Ini Diapit 2 Jasad Korban Covid-19 di Brasil

Halaman:
Baca tentang

Sumber Al Jazeera
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X