Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gara-gara Pesta Ulang Tahun, 18 Anggota Keluarga di Texas Terinfeksi Virus Corona

Kompas.com - 29/06/2020, 10:39 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

AUSTIN, KOMPAS.com - Sebanyak 18 anggota keluarga terinfeksi virus corona alias penyakit Covid-19 setelah menghadiri pesta ulang tahun kejutan di Texas utara. 

Ron Barbosa yang menikah dengan seorang dokter menolak menghadiri pesta ulang tahun  menantu perempuannya pada 30 Mei lalu. Dia beralasan ingin menjaga diri dari kemungkinan penularan virus corona.

Namun, pesta itu tetap diselenggarakan dan menginfeksi 18 orang, termasuk di dalamnya ayah Ron yang telah berusia lanjut (80 tahun) dan saudarinya yang sedang berjuang melawan kanker payudara.

Baca juga: Pengantin Pria Meninggal Setelah Menikah, 30 Tamu Pernikahan Positif Covid-19

Barbosa mengatakan bahwa keponakannya yang tidak mengetahui kalau dirinya terinfeksi virus corona berada dalam pesta ulang tahun yang dihadiri 25 orang anggota keluarga selama beberapa jam dan mengikuti protokol kesehatan yang ada.

Selama pesta, keponakannya itu berinteraksi fisik dengan 7 anggota keluarga yang kemudian menularkan virus itu juga kepada 10 anggota keluarga lainnya termasuk 2 anak kecil.

Kepada WFAA-TV, Ron Barbosa mengatakan bahwa dia selama ini takut hal itu akan terjadi.

Baca juga: Presiden Brasil Jair Bolsonaro: Sepertinya Saya Terinfeksi Virus Corona

Sementara pada Kamis (25/6/2020) Gubernur Texas, Greg Abbott akan menghentikan pembukaan agresif negara bagiannya karena kasus infeksi virus corona dan pasien rawat inap terus meningkat.

Texas sampai detik ini telah melaporkan lebih dari 11.000 kasus infeksi baru dalam 2 hari terakhir.

Kembali pada keluarga Barbosa, sang ibu yang sudah lansia, Carole langsung dilarikan ke rumah sakit pada 6 Juni lalu atau seminggu setelah positif terjangkit virus corona.

Baca juga: Jika Vaksin Corona Sudah Jadi, Siapa yang Akan Dapat Pertama?

Ada pun ayah Barbosa, Frank dirawat pada 17 Juni. Kondisinya kritis karena sangat bergantung dengan peralatan medis yang ada di Unit Perawatan Intensif (ICU).

"Ini sangat menyedihkan," ujar Barbosa sembari menahan air mata.

Dari keterangan Facebook Ron Barbosa, Frank menerima donasi plasma pada Rabu dari seorang pasien virus corona yang baru pulih. Harapannya, prosedur itu bisa menyelamatkan sang ayah dari virus mematikan itu.

Baca juga: Beijing Nyatakan Wabah Virus Corona Sudah Diatasi

Tak lama setelah upaya itu, Ayah Barbosa, Frank diumumkan menjalani masa pemulihan melalui akun Facebook Barbosa.

"Kami merasa khawatir, masih tidak percaya rasanya hal ini terjadi pada anggota keluarga," ujar Barbosa, "Namun kini kami saling mendukung satu sama lain."

Sementara istri Frank, Carole juga dinyatakan pulih begitu pun dengan saudari Barbosa, Kathy yang mengidap kanker payudara juga dinyatakan menjalani pemulihan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com