Jepang Batal Pasang Sistem Anti-Rudal Aegis Ashore, Ini 2 Sebabnya

Kompas.com - 26/06/2020, 18:13 WIB
Sistem radar anti-serangan rudal bikinan pabrikan Lockheed Martin, Aegis Ashore. via Lockheed MartinSistem radar anti-serangan rudal bikinan pabrikan Lockheed Martin, Aegis Ashore.

TOKYO, KOMPAS.com - Jepang telah membatalkan rencana untuk memasang sistem anti- rudal berbasis Aegis Ashore, kata Menteri Pertahanan Jepang Taro Kono pada Kamis (25/6/2020).

Sistem anti-rudal itu awalnya ditujukan untuk menangkis proyektil berteknologi tinggi seperti yang diluncurkan Korea Utara.

"Setelah musyawarah di Dewan Keamanan Nasional (NSC), kami putuskan untuk membatalkan pemasangan di prefektur Yamaguchi dan Akita," ucap Kono dalam pertemuan tertutup Dewan Keamanan Nasional yang dipimpin Perdana Menteri Shinzo Abe.

Baca juga: Jepang Curiga dengan Kondisi Kesehatan Kim Jong Un

Dilansir dari Kyodo pada Kamis (25/6/2020), keputusan ini menyusul pengumuman mendadak Kono pada 15 Juni, bahwa mereka telah menghentikan proses pemasangan dua pelontar rudal buatan Amerika Serikat (AS).

Pembatalan dilakukan karena masalah teknis dan bertambahnya biaya.

Dalam pertemuan dengan jajaran Partai Demokrat-nya Abe yang sebagian terbuka untuk media, Kono juga berujar Kementerian Pertahanan sulit memilih lokasi alternatif.

Di saat Jepang terus mempertahankan diri dari ancaman rudal balistik Korut melalui kapal Angkatan Laut yang dilengkapi Aegis, Kono mengatakan itu adalah ide buruk.

Mengingat Beijing dan Pyongyang sedang mengembangkan rudal balistik baru yang tampaknya lebih sulit dicegat, Menhan berkata Jepang harus "mempertimbangkan apa yang akan kita lakukan (untuk menanggapi ancaman semacam itu) dalam jangka menengah dan panjang."

Kono juga mengatakan kapal perusak MSDF dan sistem Patriot Advanced Capability-3 berbasis di darat yang dirancang untuk menembak jatuh rudal jika lolos dari tembakan kapal, akan melindungi negara untuk saat ini.

Baca juga: Ribut dengan China dan Taiwan, Jepang Ubah Nama Daerah di Kepulauan Senkaku

Unit Aegis Ashore ditujukan untuk melengkapi kapal perusak MSDF. Salah satu unitnya hendak dipasang di timur laut prefektur Akita dan yang satunya lagi di barat prefektur Yamaguchi. Keduanya berlokasi di dekat pantai Laut Jepang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber Kyodo News
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X