Ketika 2.292 Penonton Tanaman Hadiri Konser Opera Barcelona

Kompas.com - 23/06/2020, 11:42 WIB
Sebanyak 2.292 pot tanaman dipasang di kursi-kursi Gedung Opera Liceu, Barcelona, Spanyol, pada Senin (22/6/2020). Tanaman ini berfungsi sebagai pengganti penonton opera. REUTERS/NACHO DOCESebanyak 2.292 pot tanaman dipasang di kursi-kursi Gedung Opera Liceu, Barcelona, Spanyol, pada Senin (22/6/2020). Tanaman ini berfungsi sebagai pengganti penonton opera.

BARCELONA, KOMPAS.com - Gedung Opera Barcelona Liceu yang buka lagi pada Senin (22/6/2020), kedatangan hadirin "spesial" yakni 2.292 pot tanaman.

Pembukaan ini adalah yang pertama kalinya dalam 3 bulan terakhir, terkait lockdown virus corona yang diterapkan Spanyol.

Pengelola gedung mengungkapkan, tujuan dipasangnya hampir 2.300 pot tanaman itu adalah cerminan dari keadaan saat ini, ketika alam menempati ruang-ruang yang sempat ditinggalkan manusia.

Baca juga: Mengenang Korban Covid-19, Spanyol Adakan 10 Hari Berkabung Nasional

"Alam mengambil lagi ruang yang kita ambil darinya," kata produser eksekutif Eugenio Ampudio di atas panggung pada latihan sore sebelum konser.

"Bisakah kita memperluas empati kita? Mari kita mulai dengan seni dan musik, di teater yang besar, dengan mengundang alam masuk," lanjutnya dikutip dari Reuters Selasa (23/6/2020).

Gedung opera Barcelona Liceu adalah bangunan neo-klasik dari abad ke-19 dan merupakan salah satu gedung opera terbesar di Eropa.

Baca juga: New Normal Spanyol, Madrid dan Barcelona Bergembira Bersama Rayakan Akhir Lockdown

Konser yang disiarkan langsung via live stream itu dihadiri 2.292 pot tanaman yang ditempatkan di setiap kursi. Tanaman-tanaman itu kemudian akan disumbangkan ke petugas medis di garis terdepan melawan virus corona.

Pagelaran bertajuk "Konser untuk Biosen" ini diadakan setelah berakhirnya keadaan darurat nasional di Spanyol pada Minggu (21/6/2020).

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber Reuters
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X