Joe Biden Diyakini akan Pilih Politisi Perempuan Kulit Hitam sebagai Cawapres

Kompas.com - 20/06/2020, 13:40 WIB
Calon Presiden Partai Demokrat Joe Biden AFP/GETTY IMAGES/JIM WATSONCalon Presiden Partai Demokrat Joe Biden

WILMINGTON, KOMPAS.com – Bursa calon wakil presiden ( cawapres) pendamping calon presiden (capres) Partai Demokrat Joe Biden semakin menghangat.

Biden telah berjanji akan memilih politisi perempuan sebagai pendampingnya melawan Presiden Donald Trump pada pilpres 3 November mendatang.

Di tengah kerusuhan rasial yang melanda Amerika Serikat (AS), akar rumput dan sejumlah politisi senior Demokrat menganjurkan Biden untuk memilih politisi perempuan berkulit hitam.

Memilih politisi berkulit hitam diyakini akan menjadi simbol penting kepedulian Demokrat terhadap masalah sosial yang sedang melanda warga Afro-Amerika.

Selain itu warga kulit hitam tentu tidak lupa peran krusial mereka menghidupkan kembali kampanye Biden yang sempat terseok melalui kemenangan telaknya di pemilihan pendahuluan Carolina Selatan.

Baca juga: Biden: Saya Pikir George Floyd Memang Akan Mengubah Dunia

Kamala Harris dan Val Demings

Wartawan senior Fox Business Network Charles Gasparino berkicau melalui Twitter kemarin Jumat (19/6/2020) bahwa Biden telah mengerucutkan shortlist ke dua nama yaitu Senator California Kamala Harris dan Anggota DPR atau House of Representatives dari Florida Val Demings.

Tim kampanye Biden menyanggah berita tersebut dan menyatakan masih menyeleksi dengan hati-hati sejumlah nama calon.

Namun kemunculan dua nama ini tidaklah mengejutkan khususnya Harris.

Senator yang sempat menjadi rival Biden di primary Demokrat ini memang telah diunggulkan selama berbulan-bulan sejak mundur dari pertarungan capres.

Baca juga: Buntut Kasus George Floyd, Capres Biden Akan Danai Reformasi Polisi AS Rp 4,2 Triliun

Sering disebut sebagai Obama 2.0, Harris telah menunjukan kepiawaian dan pengalamannya di kancah politik nasional seperti kemampuan debatnya di debat pilpres.

Halaman:

Sumber AFP
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X