Kompas.com - 19/06/2020, 17:09 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri upacara penyerahan medali Bintang Emas kepada para pahlawan pekerja, di tengah peringatan Hari Rusia di Moskwa, 12 Juni 2020. AP Photo/Pool Sputnik Kremlin/Mikhail KlimentyevPresiden Rusia Vladimir Putin menghadiri upacara penyerahan medali Bintang Emas kepada para pahlawan pekerja, di tengah peringatan Hari Rusia di Moskwa, 12 Juni 2020.

MOSKWA, KOMPAS.com - Siapa pun yang hendak berjumpa dengan Presiden Rusia Vladimir Putin harus melewati lorong disinfektan sebagai upaya perlindungan terhadap pria nomor satu di Rusia itu dari ancaman penularan virus corona.

Dilansir AFP, Putin telah diisolasi mandiri di kompleks perumahannya, Novo-Ogaryovo di Moskwa, selama lockdown, meski dia telah membuat penampilan perdana tanpa masker dalam acara luar ruangan pada Hari Libur Nasional Rusia, Jumat (12/6/2020).

Sebagai bagian dari tindak pencegahan untuk melindungi Putin, para tamu yang hendak bertemu harus melewati sebuah lorong yang akan menyemprot disinfektan dari atas dan bawah. 

Sebuah video yang diunggah oleh jurnalis dari kantor berita resmi negara RIA Novosti pada Selasa lalu di Twitter menunjukkan cara kerja alat tersebut.

Baca juga: John Bolton: Trump Tak Tahu Bedanya Finlandia dan Rusia

Sementara itu, juru bicara kepresidenan, Dmitry Peskov, mengatakan kepada wartawan bahwa dua mesin disinfeksi juga telah dipasang di Kremlin.

"Mereka dipasang selama puncak pandemi," katanya, seraya menambahkan bahwa langkah-langkah anti-virus yang masih berlaku di Kremlin "dibenarkan dan dapat dimengerti dalam upaya memperhatikan presiden."

Pihak berwenang di wilayah Penza, sebelah timur Moskwa (tempat di mana alat itu dibuat), menerangkan dengan sombong bahwa alat itu memastikan keselamatan Putin dari ancaman penularan virus corona dan keselamatan semua orang yang mengunjunginya.

Baca juga: Dihukum 16 Tahun Penjara oleh Rusia, Eks Marinir AS Merasa Dirinya Seperti Mr Bean

Pemerintah daerah Penza mengatakan, staf presiden telah melakukan kontak dengan perusahaan manufaktur, yang sampai wabah virus merebak membuat perusahaan itu mengkhususkan diri pada peralatan pembersih otomatis untuk keperluan industri.

Alat itu juga memiliki teknologi pelacakan wajah dan bisa mengukur suhu tubuh manusia. 

Berdasarkan keterangan Peskov, siapa pun yang ingin berjumpa dengan Putin juga harus dites terlebih dahulu.

Baca juga: Juru Bicara Putin Positif Terjangkit Virus Corona

Meski telah memiliki serangkaian protokol kesehatan, beberapa orang di lingkar pemerintahan Putin telah terjangkit virus corona, termasuk juru bicaranya, Dmitry Peskov, yang dalam beberapa waktu terakhir tidak bisa berjumpa Putin karena khawatir menulari pria itu.

Sebelumnya, Putin pernah bertemu dengan seorang dokter bernama Denis Protsenko di Rumah Sakit Moskwa di mana Putin berjabat tangan dengan dokter itu yang kemudian diketahui terjangkit virus corona.


Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.