Beri Semangat, Murid-murid Australia Nyanyi Lagu 'Rumah Kita' untuk Siswa Indonesia

Kompas.com - 18/06/2020, 20:43 WIB
Dua anak sekolah asal Australia tampak bernyanyi sambil merekam penampilan mereka dalam sebuah video. Lagu yang dinyanyikan adalah Rumah Kita, sebuah lagu berbahasa Indonesia karya kelompok musik terkemuka Indonesia Godbless. Lagu itu didedikasikan mereka untuk para pelajar Indonesia yang masih harus belajar dari rumah. screenshot video suppliedDua anak sekolah asal Australia tampak bernyanyi sambil merekam penampilan mereka dalam sebuah video. Lagu yang dinyanyikan adalah Rumah Kita, sebuah lagu berbahasa Indonesia karya kelompok musik terkemuka Indonesia Godbless. Lagu itu didedikasikan mereka untuk para pelajar Indonesia yang masih harus belajar dari rumah.

CANBERRA, KOMPAS.com - 15 murid di Australia ini menyanyikan lagu ' Rumah Kita' karya kelompok musik kawakan Godbless untuk beri semangat kepada murid-murid Indonesia yang masih belajar dari rumah selama wabah virus corona.

Kepada Kompas.com, Murtala seorang guru bantu pelajaran Bahasa Indonesia di Scott's Head Public School, New South Wales menceritakan bagaimana proses 15 murid Australia saat menyanyikan lagu dan merekamnya.

Murtala yang telah tinggal di Negeri "Kangguru" selama 12 tahun menjelaskan murid-murid Australia itu baru aktif mengikuti kegiatan belajar di sekolah selama 4 minggu terakhir pasca pencabutan lockdown akibat wabah virus corona.

Mereka sepakat menyanyikan lagu Rumah Kita bersama Murtala dan dua guru berkebangsaan Australia lainnya, Karl Krause dan Emily Brien sebagai motivasi untuk murid-murid di Indonesia.

Selain untuk memotivasi murid-murid di Indonesia yang belajar di rumah, juga untuk memotivasi mereka membantu orang tua dan berkreatifitas di rumah.

Murtala sengaja memilih lagu Rumah Kita karena ketika melakukan latihan lagu tersebut, murid-muridnya masih belajar dari rumah. 

Baca juga: Siswa Sekolah di Australia Ini Nyanyikan Abang Tukang Bakso Saat Jokowi Berkunjung

"Sekolah (tempat saya mengajar) itu satu-satunya sekolah dwi-bahasa (Indonesia-Inggris) di Australia. Lagu ini saya pilih karena saat itu anak-anak masih belajar dari rumah. Supaya mereka juga mengerti konsep dari lagu dengan kondisi pandemik ini."

Menurut Murtala, ketika sekolah mulai dibuka, murid-muridnya mulai berlatih bernyanyi dan merekam dalam sebuah video.

Murtala mengatakan upaya itu merupakan 'solidaritas sesama anak sekolah'.

Dia menambahkan, "Kami bisa merasakan bahwa mungkin orang-orang mulai bosan, marah dan mungkin frustasi dengan Covid-19 ini, tapi kami ingin terus memberi semangat dan energi positif untuk saudara-saudara kami di Indonesia untuk tidak putus asa dan terus berkreativitas walau pun (belajar) dari rumah."

Halaman:

Sumber wawancara
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X