Presiden Pertama Kazakhstan, Nursultan Nazarbayev, Terkena Virus Corona

Kompas.com - 18/06/2020, 17:51 WIB
Presiden Kazakhstan, Nursultan Nazarbayev yang mengundurkan diri pada Selasa (19/3/2019). Kazakhstan MFAPresiden Kazakhstan, Nursultan Nazarbayev yang mengundurkan diri pada Selasa (19/3/2019).

NURSULTAN, KOMPAS.com - Presiden pertama Kazakhstan, Nursultan Nazarbayev, dilaporkan positif terinfeksi virus corona, demikian keterangan dari situs resminya.

"Saat ini, Presiden Pertama Kazakhstan berada dalam isolasi mandiri. Sayangnya, hasil tes positif. Tidak perlu khawatir," demikian rilis dalam situs itu.

Baca juga: Presiden Kazakhstan Mundur Setelah Hampir 30 Tahun Berkuasa

Dilansir AFP Kamis (18/6/2020), Nursultan disebut tetap melanjutkan pekerjaannya secara remote setelah terkonfirmasi virus corona.

Nazarbayev, yang bakal berumur 80 tahun pada Juli nanti, memerintah Kazakhstan pada 24 April, ketika memerdekakan diri dari Uni Soviet.

Kemudian pada 20 Maret 2019 lalu, Nazarbayev mengumumkan meletakkan jabatan setelah hampir tiga dekade, digantikan sekutunya Kassym-Jomart Tokayev.

Meski mundur, dia masih menempati sejumlah posisi strategis. Seperti jabatan ketua dewan maupun di partai komunis Kazakhstan.

Secara konstitusional, dia juga mendapatkan titel "Pemimpin Bangsa", sebuah julukan yang memberikannya keistimewaan dalam pembuatan kebijakan.

Selain Nazarbayev, pejabat tinggi lain yang terinfeksi Covid-19 adalah Menteri Kesehatan Yelzhan Birtanov dan Nurlan Nigmatulin, ketua majelis rendah parlemen.

Juru bicara Presiden Tokayev, Berik Uali, juga terpapar virus corona.

Baca juga: Nursultan Nazarbayev: Anak Gembala yang Jadi Bapak Bangsa Kazakhstan

Baca tentang

Sumber AFP
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X