Korea Utara Bakal Kirim Militer ke Perbatasan dengan Korea Selatan

Kompas.com - 17/06/2020, 17:11 WIB
Amerika Serikat mengkhatirkan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un yang masih sangat muda dan minim pengalaman melakukan salah perhitungan di tengah ketegangan Semenanjung Korea. KNS / KCNA / AFPAmerika Serikat mengkhatirkan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un yang masih sangat muda dan minim pengalaman melakukan salah perhitungan di tengah ketegangan Semenanjung Korea.

PYONGYANG, KOMPAS.com - Korea Utara menyatakan, mereka akan segera mengirim militer ke perbatasan dengan Korea Selatan, mendirikan pos jaga dan melakukan latihan perang.

Pengumuman itu adalah babak terbaru ketegangan dua negara, sehari setelah Pyongyang meledakkan kantor perwakilan di Kaesong.

Meski aksi terbaru Korea Utara belum mengarah ke pertumpahan darah, ketegangan tetap terasa di semenanjung, sejak Pyongyang mulai membuka pintu perundingan di 2018.

Baca juga: Tolak Berunding, Korea Utara Ancam Tingkatkan Jumlah Pasukan Militer di Zona Demiliterisasi

Kantor Staf Jenderal Korut menyatakan, militer akan mereka tempatkan di resor Gunung Kumgang, dan kawasan industri Kaesong.

Dua situs itu, yang dibangun dari dana Korea Selatan, sudah ditutup selama bertahun-tahun karena pertikaian dua Korea sanksi AS.

Tidak hanya menggelar latihan perang, Pyongyang menyatakan mereka akan mendirikan lagi pos penjagaan dan meningkatkan kesiapan pasukan di perbatasan.

Dilansir The Washington Post Rabu (17/6/2020), mereka juga akan membuka perbatasan agar balon berisi propaganda mereka terbang ke Korsel.

Langkah tersebut merupakan kemunduran setelah pada September 2018, dua Korea sepakat untuk menurunkan tensi militer di perbatasan.

Dari Seoul, mereka menyesalkan langkah yang diambil "saudaranya" itu, seraya mengancam Korut bakal menghadapi konsekuensi serius jika melanggar kesepakatan 2018.

Mayor Jenderal Jeon Dong-jin dari Kepala Staf Gabungan kepada awak media menegaskan, angkatan bersenjata tetap siaga menghadapi Pyongyang.

Baca juga: Korea Utara Ledakkan Kantor Penghubung, Ini Respons Keras Korea Selatan

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X