Uskup Agung Ini Pimpin Misa di Katedral Berisi Foto Korban Meninggal Covid-19

Kompas.com - 15/06/2020, 16:19 WIB
Uskup Agung Lima, Carlos Castillo, ketika memberkati foto korban meninggal Covid-19 saat memimpin misa Minggu di katedral Peru (14/6/2020). Reuters via Daily MirrorUskup Agung Lima, Carlos Castillo, ketika memberkati foto korban meninggal Covid-19 saat memimpin misa Minggu di katedral Peru (14/6/2020).

LIMA, KOMPAS.com - Sebuah pemandangan mengharukan terjadi di Peru, di mana uskup agung memimpin misa di katedral yang berisi foto korban meninggal Covid-19.

Uskup Agung Lima, Carlos Castillo, memberkati dan melihat sekitar 5.000 mereka yang terbunuh karena wabah, dalam misa Minggu (14/6/2020).

Para pekerja di Katedral Lima menghabiskan berhari-hari mengisi 84 bangku dengan foto korban Covid-19, dengan sisanya ditempel di seluruh bagian gereja.

Baca juga: Pimpin Ibadah di Gereja Evangelis Chili, Uskup Ini Tewas karena Covid-19

Di antara mereka yang meninggal karena virus corona, terdapat dokter, polisi, anggota pemadam kebakaran, penyapu jalanan, hingga anak-anak.

Dilansir The Guardian via Daily Mirror, sang uskup agung menjabarkan mengapa dia melaksanakan misa dengan foto para korban terpampang.

Castillo menerangkan, dia bermaksud mengkritik penanganan wabah di Peru, yang "didasarkan egoisme, sekadar untung, tanpa mendasarkan pada belas kasihan dan solidaritas".

Rohaniwan berusia 70 tahun itu menyerukan kepada publik negara di Amerika Latin itu untuk bersatu, menyebut "momen lebih sulit akan segera datang".

"Akan sangat menyedihkan dan mengerikan jika kita sampai melihat foto ini lagi, di mana mereka meninggal karena kelaparan," ujar dia.

Setidaknya sekitar 6.400 orang tewas karena virus corona di Peru, dengan 225.000 kasus terkonfirmasi, berdasar laporan Universitas Johns Hopkins.

Baca juga: Ini Imbauan Para Uskup Bagi Umat Katolik Cegah Wabah Corona

Peru menjadi negara kedelapan yang paling terdampak di seluruh dunia, kedua di kawasan Amerika Latin, di belakang Brasil.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X