WNI di Wuhan Ceritakan Detik-detik Jelang Lockdown dan Misi Senyap Evakuasi

Kompas.com - 15/06/2020, 14:43 WIB
Teuku Fadil (kanan) seorang WNI di Wuhan, China, membagikan pengalamannya saat terjebak lockdown, dievakuasi ke Indonesia, dan menjalani karantina di Natuna. YouTube Fadil FadilTeuku Fadil (kanan) seorang WNI di Wuhan, China, membagikan pengalamannya saat terjebak lockdown, dievakuasi ke Indonesia, dan menjalani karantina di Natuna.

WUHAN, KOMPAS.com - Seorang Warga Negara Indonesia (WNI) yang sedang menempuh pendidikan S3 di Wuhan, China, membagikan kisahnya saat virus corona melanda kota tersebut.

Pria bernama Teuku Fadil ini membeberkan ceritanya di kanal YouTube Fadil Fadil yang diunggah pada Minggu (14/6/2020).

Melalui video berdurasi 37 menit 10 detik itu, mahasiswa asal Aceh Utara tersebut mengungkap suasana di Wuhan saat detik-detik menjelang lockdown, hingga perjuangan dia dan teman-temannya pulang ke Indonesia.

Baca juga: Cinlok di Wuhan Saat Hadapi Virus Corona, 2 Perawat Ini Menikah

Fadil membuka ceritanya dengan menjelaskan awal mula virus corona merebak di Wuhan sejak Desember 2019.

Namun, Fadil mengaku saat itu belum menganggap serius virus corona karena menurutnya mungkin itu virus yang biasa-biasa saja dan akan segera hilang.

Fadil bersama teman-temannya pun masih beraktivitas seperti biasanya, dan masih sempat jalan-jalan.

Pada Senin (20/1/2020), Fadil bareng teman-temannya jalan-jalan ke luar kota Wuhan untuk bermain salju. Kebetulan saat itu musim dingin di Wuhan tidak turun salju, dan mereka hendak mengisi waktu luang di libur sementer.

Seiring berjalannya waktu, Fadil mengetahui ternyata dugaannya tentang virus corona meleset. Pada 23 Januari 2020, pemerintah mengumumkan Wuhan lockdown.

Sebelumnya, pemerintah telah mengatakan Wuhan akan di-lockdown mulai pukul 10.00 pagi.

Selama Wuhan lockdown, Fadil mencantumkan beberapa rekaman situasi di kota industri itu. Terlihat jalan-jalan kota sangat lengang, bahkan halte bus yang biasanya dipadati orang-orang menjadi kosong melompong.

Baca juga: Studi Sebut Virus Corona Ada di Wuhan Sejak Agustus 2019, Ini Respons China

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X