Korea Utara Bangun Rumah Sakit Secepat Kilat, Diduga untuk Pasien Virus Corona

Kompas.com - 14/06/2020, 17:11 WIB
Para pekerja ketika melaksanakan tugasnya membangun Rumah Sakit Umum Pyongyang, Korea Utara. Pen News via Daily MirrorPara pekerja ketika melaksanakan tugasnya membangun Rumah Sakit Umum Pyongyang, Korea Utara.

PYONGYANG, KOMPAS.com - Sebuah rumah sakit dibangun secepat kilat di Korea Utara, dengan diyakini mereka bersiap untuk menghadapi gelombang baru virus corona.

Berdasarkan laporan dari media pemerintah, para pekerja diliputi "kemarahan" dan "kebencian akan musuh Kim Jong Un" saat membangun Rumah Sakit Umum Pyongyang.

Pengerjaan fasilitas kesehatan itu dimulai pada Maret, atau saat virus corona tengah mencapai puncak, meski Korea Utara menyanggah adanya infeksi di negara mereka.

Baca juga: Jika Ingin Pilpres Lancar, Korea Utara Peringatkan AS Tidak Ikut Campur

Klaim itu diragukan, setelah muncul laporan adanya gelombang kematian di dua RS di Pyongsong, sekita 28 kilometer dari ibu kota.

Berdasarkan harian Daily NK, dua fasilitas itu melaporkan adanya puluhan kematian di mana pasien mengalami gejala seperti Covid-19.

Sumber lokal menerangkan, dua RS itu dikenal spesialis untuk penyakit hepatitis dan tuberkolosis, di mana mereka menyalahkan Covid-19 atas meninggalnya puluhan pasien mereka.

Dilansir Daily Mirror Sabtu (13/6/2020), para staf rumah sakit sudah diperingatkan untuk tutup mulut dan tidak membocorkannya.

Dengan pasien lainnya meninggalkan RS yang terdampak, pimpinan fasilitas mengkhawatirkan jika terdapat infeksi yang lebih luas.

"Sekelompok pasien meninggalkan RS karena takut mereka bakal mati jika terus dirawat di sana lebih lama lagi," jelas sumber tersebut.

Baca juga: Tanpa Kasus Covid-19, Korea Utara Terapkan New Normal di Sekolah

Mau tak mau, keluarnya segerombolan pasien tak hanya mengagetkan pimpinan fasilitas kesehatan, tapi juga sampai ke telinga pemerintah lokal.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X