[POPULER GLOBAL] Covid-19 Tewaskan Orang Suci India | Kontroversi Pendeta Indonesia

Kompas.com - 14/06/2020, 06:56 WIB
Pendeta Oscar Surjadi. Screenshot Youtube VoA IndonesiaPendeta Oscar Surjadi.

KOMPAS.com Orang suci di India dilaporkan meninggal karena virus corona, setelah dia mengklaim bisa menyembuhkan Covid-19 dengan cium tangan pasien.

Pria tantra dari Ratlam, di Negara Bagian Madhya Pradesh menyatakan, dia mencium tangan pengikutnya dan memberi tahu mereka beban hidup akan musnah.

Baca juga: Pangeran Arab Saudi Ini Tewas Diduga akibat Covid-19

Kemudian di Oregon, Amerika Serikat (AS), saat demonstrasi kematian George Floyd pendeta Oscar Surjadi yang berasal dari Indonesia ikut menyampaikan pesan damai.

Pernyataan pendeta Surjadi itu dianggap kontroversial dan dinilai menjelekkan Indonesia.

Baca juga: Apa Itu Chokehold, dan Kenapa Dilarang di 11 Wilayah Ini?

Kedua berita tersebut dapat Anda baca selengkapnya dalam kumpulan artikel terpopuler di kanal global sepanjang Sabtu (13/6/2020) hingga Minggu (14/6/2020).

1. Mengaku Bisa Sembuhkan Covid-19 dengan Cium Tangan, Orang Suci India Meninggal karena Virus Corona

Departemen kesehatan setempat memyatakan, si orang suci itu terinfeksi virus corona pada 3 Juni, dan meninggal satu hari kemudian.

Dilansir Daily Mail Jumat (12/6/2020), otoritas India mulai melacak siapa saja yang berkontak dengan pria itu dan menerapkan swab test ke 40 orang.

Hasilnya, 20 sampel terbukti positif wabah yang pertama kali terdeteksi di Wuhan, China, termasuk tujuh orang anggota keluarga si orang suci itu.

Bagaimana kisah selengkapnya tentang orang suci India ini? Anda dapat membacanya di sini.

2. Kontroversi Pidato Pendeta Asal Indonesia, Ini Klarifikasinya

Dalam pidatonya, Oscar Surjadi menyampaikan, "Saya lahir di Indonesia, saya paham apa arti prasangka dan diskriminasi."

Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X