Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amankan Demo George Floyd di Washington, Garda Nasional AS Terinfeksi Virus Corona

Kompas.com - 10/06/2020, 17:03 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Anggota Garda Nasional AS dilaporkan ada yang terinfeksi virus corona, ketika mereka dikerahkan mengamankan demo George Floyd di Washington.

Juru bicara pasukan, Letnan Kolonel Brooke Davis menyatakan, dia tidak bisa mengungkapkan berapa personel yang positif "karena alasan keamanan".

Baca juga: Ditolak Gabung Tim Sniper, Delapan Wanita Tuntut Garda Nasional Rusia

Letkol Davis menerangkan, sebanyak 1.700 tentara Garda Nasional dikerahkan untuk mengamankan demo yang pecah di Gedung Putih, maupun kawasan lain.

Dilansir AFP Rabu (10/6/2020), demonstrasi itu memprotes kematian George Floyd, pria Afro-Amerika yang tewas di Minneapolis 25 Mei lalu.

Kesatuan yang masuk ke dalam komponen cadangan AD dan AU itu dikerahkan ke Washington, setelah unjuk rasa berubah rusuh disertai penjarahan.

Davis mengatakan, personel mendapat pemindaian virus corona sebelum dan sesudah penugasan, di mana ada yang positif terinfeksi.

Banyak di antara pengunjuk rasa tidak mengenakan masker ketika melakukan aksi, dengan ada juga dari kalangan penegak hukum yang tidak mengenakannya.

"personel Garda Nasional menerapkan social distancing dan menggunakan alat pelindung diri ketika bertugas," jelas Letkol Davis.

Virus corona, yang pertama kali terdeteksi di kota China bernama Wuhan pada akhir Desember 2019, telah merenggut 112.000 nyawa di AS.

Kemudian lebih dari dua juta orang di sana terinfeksi Covid-19, menjadikan AS sebagai negara yang paling terdampak pandemi.

Baca juga: Bantah Trump, New Mexico Tarik Pasukan Garda Nasional dari Perbatasan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com