Wayang Kulit Jawa Berusia 150 Tahun Dipamerkan di Swiss

Kompas.com - 10/06/2020, 15:00 WIB
Suasana pameran wayang kulit di ruang Smargard, Museum Rietberg, Zurich, Swiss. KOMPAS.com/Krisna DianthaSuasana pameran wayang kulit di ruang Smargard, Museum Rietberg, Zurich, Swiss.

ZURICH, KOMPAS.com - Gamelan Jawa mengalun perlahan. Suara sinden menyelinginya. Lalu menyusul ki dalang dengan vokal lantangnya. Cahaya meredup. Bayangan Gatotkaca, Arjuna hingga Semar dan Petruk berkelebat.

Pertunjukan wayang kulit itu terjadi di Smaragd, sebuah ruangan bawah tanah di museum Rietberg, Zurich, Swiss.

Ya, tidak salah, memang di Swiss, Eropa Tengah. Bukan di Yogjakarta, tidak Surakarta atau Semarang. Tapi di salah satu kota termahal dunia, sekaligus terbesar di Heidiland.

Baca juga: Kota Semarang Usung Wayang Potehi Jadi Tema Perayaan Imlek

Dan di gedung yang dibatasi dinding kaca hijau toska itu, sekitar 130 wayang kulit Jawa dipamerkan.

Dari wayang versi Mahabarata dan Ramayana. Ada Arjuna dan keempat saudaranya, dan tentu saja Hanoman dan Wibisana sebagai bagian dari epik Ramayana. Uniknya, inilah pertama kali wayang kulit Jawa itu ditampilkan ke hadapan publik Swiss.

"Karena pada awalnya memang koleksi pribadi orang Zurich, yang disimpan untuk kenikmatan sendiri,“ kata Eva Christiane von Reumont kepada Kompas.com

Bukan hanya soal penampilan premiere wayang kulit Jawa di museum ini yang istimewa "Namun juga usianya yang sangat tua, sekitar 150 hingga 200 tahun,“ imbuh Eva.

Eva adalah kurator di museum ini. Setelah lulus program doktor dari Sekolah Tinggi Seni Universitas Bern, Swiss, perempuan kelahiran Hamburg, Jerman ini dipercaya mengurus artefak dari Indonesia. Dan restorasi wayang kulit adalah spesialisasinya.

Atmosfer wayang kulit Jawa itu terwujud juga atas kerja keras Eva. "Ini kerja panjang dua tahunan. Kalau akhirnya terwujud, saya senang sekali,“ katanya.

Baca juga: Kisah Mbah Brambang, Membuat Wayang sejak 1965, Dikirim hingga ke Luar Negeri

Sebelum pameran terlaksana, Eva menyempatkan mempelajari lebih mendalam wayang kulit Jawa di Semarang, Surakarta dan Yogjakarta selama tiga bulan, dalam keadaan hamil tua.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X