[POPULER GLOBAL] Trump Berencana Potong Militer AS di Jerman | Patung Edward Colston Dibuang

Kompas.com - 09/06/2020, 06:30 WIB
Ilustrasi tentara Amerika Serikat yang bergerak ketika terjadi invasi. ShutterstockIlustrasi tentara Amerika Serikat yang bergerak ketika terjadi invasi.

KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memicu kekhawatiran, lantaran berencana memotong jumlah militer AS di Jerman.

Pemotongan jumlah pasukan AS di Jerman dinilai mampu lemahkan pilar utama pertahanan NATO di wilayah tersebut.

Kemudian di Inggris, masih terjadi demonstrasi besar-besaran atas kematian George Floyd. Terbaru, massa merobohkan patung Edward Colston di Bristol.

Tak hanya dirobohkan, patung Edward Colston juga diciprati cat merah lalu dibuang ke sungai pelabuhan.

Kedua berita itu dapat Anda baca selengkapnya dalam kumpulan berita terpopuler di kanal global sepanjang Senin (8/6/2020) hinga Selasa (9/6/2020).

1. Rencana Trump Potong Jumlah Pasukan Militer AS di Jerman Picu Kekhawatiran

Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas mengatakan, kedua negara berdiri untuk memiliki kerja sama erat walaupun hubungan trans-Atlantik telah menjadi "rumit" di bawah kepemimpinan Trump.

Namun, politisi senior lain di Berlin bicara terus terang, menganggap rencana Trump sebagai pukulan terakhir bagi hubungan AS-Jerman yang punya potensi risiko keamanan.

Bagaimana reaksi Jerman terhadap rencana Trump ini? Anda dapat membacanya di sini.

2. Demo Besar di Inggris, Patung Edward Colston Dibuang ke Sungai, Apa Sebabnya?

Foto dan video yang beredar menunjukkan puluhan orang mengikatkan tali di leher patung Edward Colston, dan merobohkannya. Aksi ini terjadi di kota Bristol.

Mereka juga menginjak-injak patung itu selama beberapa menit, lalu membawanya ke sungai.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X