Kompas.com - 08/06/2020, 17:58 WIB
Seekor harimau ditempatkan di kandang saat dilakukan penyemprotan disinfektan oleh petugas kebun binatang Alipore Zoological Garden di Kolkata, India, 8 April 2020. AFP/DIBYANGSHU SARKARSeekor harimau ditempatkan di kandang saat dilakukan penyemprotan disinfektan oleh petugas kebun binatang Alipore Zoological Garden di Kolkata, India, 8 April 2020.

NEW DELHI, KOMPAS.com - Seekor harimau berjuluk "gelandangan" di India terkenal dengan keganasannya, karena sudah memakan 3 orang.

Harimau itu lalu ditangkap dan akan menghabiskan sisa hidupnya di penangkaran, kata para petugas berwenang India pada Minggu (7/6/2020).

Petugas menambahkan, kucing besar itu "terlalu berbahaya" jika dibiarkan bebas.

Harimau jantan berusia 5 tahun itu juga dilaporkan pernah menyerang ternak.

Baca juga: Gajah Makan Petasan Mati Berdiri, Pemerintah India Buru 3 Tersangka

"Kami memberinya beberapa kesempatan untuk kembali liar, tetapi biasanya kembali ke permukiman manusia," kata kepala penjaga satwa liar Madhya Pradesh, SK Mandal, kepada AFP.

Harimau itu dilaporkan telah menempuh perjalanan lebih dari 500 kilometer dari negara bagian Maharashtra ke distrik Betul di negara bagian Madhya Pradesh pada 2018.

"Satu-satunya pilihan adalah memasukkannya ke penangkaran untuk memastikan harimau dan manusia aman," lanjut Mandal.

Baca juga: Usai Dipukuli dan Diusir Anaknya, Nenek Ini Diadopsi Pengusaha India

Media lokal menjuluki harimau itu "gelandangan" atau "pengembara". Si harimau pertama kali ditangkap pada Desember 2018 setelah perjalanan panjangnya, dan dimasukkan penangkaran selama dua bulan.

Kucing besar itu lalu dipasangi pelacak dan dibiarkan berkeliaran di antara cagar harimau serta taman nasional.

Namun petugas mengungkapkan, harimau "gelandangan" ini berulang kali tersesat dan berburu di dekat permukiman manusia, menyerang ternak dan membahayakan penduduk.

Baca juga: Monyet di India Terapkan Social Distancing Saat Diberi Makan

Halaman:

Sumber AFP
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X