Setelah Trump, Presiden Brasil Ancam Keluar dari WHO

Kompas.com - 06/06/2020, 14:49 WIB
Presiden Brasil Jair Bolsonaro saat menghadiri pertemuan dengan para gubernur di Brasil, untuk menentukan strategi menangani wabah virus corona. Pertemuan dihelat di Brasilia, Brasil, 23 Maret 2020. Joedson Alves/EPA-EFEPresiden Brasil Jair Bolsonaro saat menghadiri pertemuan dengan para gubernur di Brasil, untuk menentukan strategi menangani wabah virus corona. Pertemuan dihelat di Brasilia, Brasil, 23 Maret 2020.

BRASILIA, KOMPAS.com - Presiden Brasil Jair Bolsonaro mengancam, dia akan membawa negaranya keluar dari Badan Kesehatan Dunia ( WHO).

Ancaman itu mengikuti koleganya, Presiden AS Donald Trump, yang sudah lebih dahulu mengumumkan hengkang dari organisasi di bawah PBB itu.

"Saya mengatakannya sekarang, AS sudah meninggalkan WHO, dan kami tengah mengkajinya di masa mendatang," ujar Jair Bolsonaro.

Baca juga: Dianggap Hotspot Baru Virus Corona, AS Larang Pengunjung dari Brasil

Kepada awak media di depan kantor kepresidenan, Prsiden Brasil berusia 65 tahun itu menyebut organisasi itu "ideologinya bias".

Dijuluki "Trump dari Negeri Tropis", Bolsonaro mengikuti sejumlah langkah kontroversial sang Presiden AS ketika virus corona merebak.

Selain meremehkan berbahayanya virus ini, Bolsonaro juga mengkritik langkah gubernurnya yang menerapkan karantina wilayah.

Kemudian seperti diberitakan AFP Sabtu (6/6/20200, dia juga menyerukan penggunaan obat klorokuin dan hidroksiklorokuin untuk melawan Covid-19.

Pekan lalu, Trump mengumumkan dia keluar dari WHO, setelah dia menuduh organisasi itu terlalu bias dengan China, berkaitan asal wabah Covid-19.

Dalam klaim Bolsonaro, klaim kompatriotnya itu menjadi kenyataan setelah beberapa hari kemudian, uji klinis hidroksiklorokuin ditangguhkan.

Organisasi yang berbasis di Jenewa itu menangguhkan uji klinis, setelah berbagai penelitian menunjukkan kekhawatiran akan efektivitas obat.

Baca juga: Lewati Rusia, Brasil Catatkan Kasus Covid-19 Terbanyak Kedua di Dunia

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber AFP
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X