Sebut "Hari Besar" untuk George Floyd, Trump Picu Kontroversi

Kompas.com - 06/06/2020, 09:45 WIB
Presiden Amerika Serikat Donald Trump saat tiba di Bandara Internasional Bangor, Maine, AS, 5 Juni 2020. REUTERS/TOM BRENNERPresiden Amerika Serikat Donald Trump saat tiba di Bandara Internasional Bangor, Maine, AS, 5 Juni 2020.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat ( AS) Donald Trump memicu kontroversi dengan mengatakan "hari besar" saat prosesi pemakaman George Floyd.

"Kita semua melihat apa yang terjadi minggu lalu. Kita tidak bisa membiarkannya," ucap Trump tentang Floyd yang tewas usai lehernya ditindih polisi selama hampir 9 menit.

"Mudah-mudahan, George melihat ke bawah sekarang dan berkata, 'Ini adalah hal besar yang terjadi di negara kita'," ucapnya dikutip dari AFP Sabtu (6/6/2020).

Baca juga: Upacara Memorial George Floyd Berjalan Damai, KJRI Chicago Pastikan WNI Aman

Pernyataan itu diucapkan Trump saat briefing di Gedung Putih yang disiarkan televisi, 11 hari setelah kematian Floyd.

Kontroversi lalu menyeruak, saat Trump menyebut ini adalah hari besar bagi Floyd.

"Ini luar biasa, hari besar dalam hal kesetaraan," tambah Trump yang dituduh banyak orang gagal mengatasi rasialisme, kekerasan polisi, dan ketidaksetaraan yang diporotes para demonstran.

Kemudian sisa pidatonya ditujukan untuk menyambut kabar baik perekonomian AS, yang disebutnya sedang "meroket".

Baca juga: Kematian George Floyd, Negara yang Dituduh Trump Lakukan Pelanggaran Hak Demokrasi Menyerang Balik

Komentar "hari besar" dari Trump dianggap banyak orang terlalu mengaitkan kematian Floyd dengan berita perekonomian hari itu.

Gedung Putih menyebut penafsiran seperti itu "salah".

"Sangat jelas presiden berbicara tentang perjuangan untuk keadilan yang sama, dan perlakuan yang sama di bawah hukum ketika dia berkomentar," tulis konsultan komunikasi senior Gedung Putih Ben Williamson di Twitter.

Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X