Kompas.com - 04/06/2020, 12:37 WIB
Warga menarik mayat gajah yang hamil keluar dari air, setelah hewan itu diduga diberi makan nanas yang diisi petasan, di Malappuram, India, 27 Mei 2020 REUTERS TV/ANIWarga menarik mayat gajah yang hamil keluar dari air, setelah hewan itu diduga diberi makan nanas yang diisi petasan, di Malappuram, India, 27 Mei 2020

KERALA, KOMPAS.com - Seekor gajah betina yang tengah hamil mati akibat memakan buah nanas yang mengandung petasan dan meledak di mulutnya pada 30 Mei lalu. Peristiwa tragis itu terjadi di Palakkad, Negara bagian Kerala, India Selatan.

Dilansir Reuters, kematian salah satu mamalia besar di darat itu mengundang penyelidikan atas tindakan kriminal yang diduga dilakukan untuk menyiksa hewan itu menurut pejabat kehutanan setempat pada Rabu (3/6/2020).

Baca juga: Warga Namibia Bunuh 10 Gajah karena Ladangnya Diinjak-injak

Pejabat kehutanan, Mohan Krishnan mengunggah ungkapan pernyataan dukacita di media sosial atas kematian gajah tersebut.

Gajah itu dilaporkan mati karena mengonsumsi buah nanas dan buah lain yang diisi petasan.

Peristiwa itu terjadi pada 23 Mei silam di Palakkad, di sebuah lahan pertanian di mana penduduk setempat kadang menyebar buah-buahan yang telah diisi petasan untuk mencegah binatang merusak tanaman.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Saat Sirami Sayuran, Seorang Petani Terinjak Gajah dan Tewas

"Kami hanya mengetahui luka yang dialami gajah disebabkan oleh beberapa bahan peledak," ujar pejabat Kehutanan, Sunil Kumar.

Pelakunya dapat dikenai denda dan bahkan hukuman penjara.

India merupakan negara dengan populasi gajah terbesar di Asia namun satwa itu tergolong dalam spesies yang terancam punah.

Baca juga: Lockdown karena Virus Corona, Monyet dan Gajah Masuk ke Jalanan India

Insiden konflik manusia-hewan tidak jarang terjadi karena gajah seringkali tersesat jalannya ke pemukiman warga dan berburu makanan di sana.

Seperti yang dialami gajah betina yang tengah hamil itu. Dia diketahui tengah berkeliaran di Taman Nasional Silent Valley untuk mencari makanan ketika insiden itu terjadi, sebagaimana dilaporkan pejabat kehutanan.

Baca juga: Viral Berita Gajah Mabuk Minum Anggur, Ini Fakta Sebenarnya


Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X