Ditanya soal Demo George Floyd dan Trump, PM Kanada Terdiam 22 Detik

Kompas.com - 03/06/2020, 20:03 WIB
Presiden Amerika Serikat Donald Trump (kiri) ketika berdiskusi dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau di sela pertemuan NATO di Watford, Inggris, pada 4 Desember 2019. REUTERS/KEVIN LAMARQUEPresiden Amerika Serikat Donald Trump (kiri) ketika berdiskusi dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau di sela pertemuan NATO di Watford, Inggris, pada 4 Desember 2019.

OTTAWA, KOMPAS.com - Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, terdiam hingga 22 detik ketika ditanyakan mengenai demo George Floyd maupun Presiden AS Donald Trump.

Dalam konferensi pers, seorang jurnalis menanyakan mengenai sikapnya yang menolak berkomentar terkait tindakan yang dilakukan Trump.

Si jurnalis kemudian menyebut, presiden 73 tahun itu mengambil langkah mobilisasi militer untuk meredam demonstrasi kematian George Floyd.

Baca juga: Kepala Polisi Houston kepada Trump: Tolong, Tutup Mulut Anda

Dalam video yang dilansir oleh BBC pada Selasa (2/6/2020), mendengar pertanyaan itu Trudeau terlihat terdiam di detik ke-17.

PM Kanada berusia 48 tahun itu tidak mengatakan apa pun selama setidaknya 22 detik, hingga di detik ke-39 dia baru buka mulut.

"Kami melihat dengan penuh kengerian dan kekhawatiran apa yang tengah terjadi di AS," ujar PM yang berkuasa sejak 2015 tersebut.

Dia menjelaskan, momen sulit seperti ini tak hanya waktu yang tepat bagi semua orang untuk bersatu, namun juga saling mendengar.

Dia kemudian mengakui bahwa di negerinya sendiri, mereka juga menghadapi tantangan di mana kulit hitam maupun berwarna mendapat diskriminasi.

Trudeau mengakui bahwa diskriminasi di Negeri "Mapple" sudah bersifat sistemik, di mana kulit hitam dan berwarna diperlakukan berbeda.

"Ini bukan sesuatu yang bisa kita lihat. Ini adalah sesuatu yang sudah dihadapi publik dari kulit berbeda dalam realitasnya," jelasnya.

Halaman:

Sumber BBC
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X