Pria Rohingya di Kamp Pengungsi Bangladesh Meninggal karena Covid-19

Kompas.com - 03/06/2020, 18:32 WIB
Para pengungsi Rohingya mengantre untuk mendapat bantuan makanan di kamp Kutupalong di Coxs Bazar, Bangladesh. Ed Jones / AFPPara pengungsi Rohingya mengantre untuk mendapat bantuan makanan di kamp Kutupalong di Coxs Bazar, Bangladesh.

DHAKA, KOMPAS.com - Seorang pria Rohingya 71 tahun di kamp pengungsi Bangladesh dilaporkan meninggal karena Covid-19, menjadikannya korban pertama wabah itu.

Pakar kesehatan sudah lama mengkhawatirkan wabah mematikan itu bisa menghantam gubuk bambu, menampung hampir sejuta etnis yang mengungsi dari Nyanmar pada 2017.

Toha Bhuiyan, pejabat kesehatan senior di Distrik Cox's Bazaar menyatakan, pria 71 tahun itu meninggal pada Minggu (31/5/2020).

Baca juga: Terombang-ambing, Nasib Rohingya di Tengah Ketatnya Perbatasan Asia Tenggara

Hasil kesehatan pria 71 tahun itu kemudian keluar Senin malam waktu setempat (1/6/2020), di mana dia positif terinfeksi Covid-19.

Mohammad Shafi, seorang guru Rohingya sekaligus tetangga korban di kamp pengungsi, menuturkan lelaki itu menderita tekanan darah tinggi dan masalah ginjal.

"Tidak ada yang menyadari dia terkena virus corona. Kabar ini jelas mengejutkan kami," jelas Shafi seperti diwartakan AFP Selasa (2/6/2020).

Dia menjelaskan, dalam beberapa pekan terakhir ada yang menderita demam, sakit kepala, serta rasa sakit di sekujur tubuh.

Namun, mereka mengira rsa sakit itu dikarenakan perubahan cuaca. Jadi, mereka sama sekali tak berpikir memeriksakan diri untuk virus.

Baca juga: 500 Imigran Rohingya Akan Masuk Perairan Aceh, Polisi Perketat Pengawasan

Korban meninggal itu dilaporkan berada di Kutupalong, tenggara Bangladesh, yang merupakan kamp pengungsi terbesar di dunia.

Pria itu merupakan satu dari 29 warga Rohingya yang positif terinfeksi virus yang pertama kali terdeteksi di Wuhan, China, pada akhir 2019 itu.

Halaman:
Baca tentang

Sumber AFP
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X