PM Armenia dan Keluarganya Terinfeksi Virus Corona

Kompas.com - 01/06/2020, 16:25 WIB
Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan, bersama Kanselir Jerman Angela Merkel (tak masuk dalam gambar) dalam konferensi pers bersama di Berlin, pada 13 Februari 2020. REUTERS PHOTO/ANNEGRET HILSEPerdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan, bersama Kanselir Jerman Angela Merkel (tak masuk dalam gambar) dalam konferensi pers bersama di Berlin, pada 13 Februari 2020.

YEREVAN, KOMPAS.com - Perdana Menteri Armenia, Nikol Pashinyan, menyatakan dia bersama dengan keluarganya positif terinfeksi virus corona.

"Tes virus corona saya sudah datang, di mana hasilnya adalah negatif," ujar Pashinyan dalam video yang diunggah di Facebook.

Baca juga: Terkena Virus Corona Sehabis Berpesta, Pangeran Belgia Ini Minta Maaf

PM Armenia berusia 45 tahun itu menerangkan, dia terinfeksi tanpa menunjukkan gejala sama sekali, dan menerangkan dia akan bekerja dari rumah.

Dilaporkan AFP Senin (1/6/2020), Nikol Pashinyan dan istrinya, Anna Hakobyan yang merupakan seorang jurnalis, mempunyai empat anak.

Negara pecahan Uni Soviet berpopulasi sekitar tiga juta jiwa itu melaporkan 9.492 kasus penularan dan 139 korban meninggal.

Pasien virus yang pertama kali terdeteksi di Wuhan pada akhir 2019 itu disebut sudah mulai membuat sistem kesehatan Armenia kewalahan.

Pekan lalu, otoritas kesehatan mengungkapkan mereka akan melarang pasien dengan peluang sembuh tinggi untuk dirawat di ruang perawatan intensif.

Pengumuman Pashinyan terjadi setelah Yerevan mencabut status keadaan darurat pada 4 Mei, yang diterapkan pada Maret untuk mencegah pandemi.

PM Armenia itu mengakui, pemerintahannya sudah gagal melakukan pencegahan dengan banyak warganya yang melanggar aturan karantina.

Pashinyan dilantik pada Mei 2018, setelah dia mengalahkan politisi veteran Seizh Sarkisian dan Partai Republik yang dipimpinnya.

Sejak saat itu, selama dua tahun menjabat dia memimpin "perang salib" untuk menghapus korupsi dan memualai reformasi peradilan.

Baca juga: Demo Rusuh di AS Dikhawatirkan Picu Gelombang Baru Infeksi Virus Corona

Baca tentang

Sumber AFP
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X