Dari Bentrokan hingga Ledakan, Idul Fitri 1441 H Berlangsung Suram di Negara-negara Ini

Kompas.com - 25/05/2020, 08:32 WIB
Warga Palestina melaksanakan shalat Id di luar halaman Masjid Al-Aqsa, Yerusalem, pada Minggu (24/5/2020). REUTERS/RONEN ZVULUNWarga Palestina melaksanakan shalat Id di luar halaman Masjid Al-Aqsa, Yerusalem, pada Minggu (24/5/2020).

KOMPAS.com - Tidak semua perayaan Idul Fitri berlangsung meriah tahun ini. Contohnya, negara-negara berikut yang melaluinya dengan suram.

Sebagian merayakannya di tengah lockdown virus corona, sebagian lagi terjebak dalam kerusuhan dan krisis ekonomi.

Negara negera seperti Arab Saudi, Mesir, Turki, dan Suriah misalnya, mereka melarang shalat berjemaah untuk membatasi penyebaran Covid-19.

Baca juga: Gencatan Senjata Saat Idul Fitri, Presiden Afghanistan Janji Percepat Pelepasan Tahanan Taliban

Arab Saudi telah menerapkan jam malam lima hari beruntun sejak Sabtu (23/5/2020), setelah jumlah kasus meningkat empat kali lipat.

Masjidil Haram hampir tanpa jemaah sejak Maret, sedangkan suasana di sekitar Kakbah kosong melompong.

Namun pada Minggu (24/5/2020) seorang imam memimpin shalat berjemaah, dengan beberapa pasukan keamanan Saudi yang mengenakan masker berjaga menjaga jemaah shalat Id.

Kerusuhan kecil di Yerusalem

Di Masjid Al-Aqsa Yerusalem tidak ada shalat berjemaah di dalam, meski situs itu dijadwalkan dibuka lagi setelah libur Idul Fitri.

Perkelahian kecil terjadi antara pasukan keamanan dengan jemaah di sekitar masjid saat subuh. Fotografer AFP di lokasi kejadian menerangkan, shalat akhirnya diadakan di luar masjid.

Kemudian di Gaza, pihak berwenang Hamas mengizinkan shalat di masjid-masjid, tetapi sebagian besar jemaah mengenakan masker dan jarak sajadahnya berjauhan.

" Lebaran tidak seperti Lebaran dengan suasana virus corona - orang-orang sangat takut," kata jemaah bernama Akram Taher dikutip dari AFP.

Baca juga: Raja Salman Beri Pesan Idul Fitri di Tengah Virus Corona, Apa Isinya?

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber AFP
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X