Seorang Profesor Uighur Dibebaskan, Tunjukkan China Memaksakan Loyalitas

Kompas.com - 24/05/2020, 13:36 WIB
Iminjan Seydin bersama putrinya Samira Imin. Samira IminIminjan Seydin bersama putrinya Samira Imin.

KOMPAS.com - Iminjan Seydin, seorang Profesor Uighur, tiba-tiba dibebaskan dari penjara Xinjiang setelah ditahan selama tiga tahun.

Padahal putrinya, selama ini mencari keberadaan sang profesor.

Tiga tahun lalu terakhir kali putrinya, Samira Imin, melihat ayahnya Iminjan Seydin, sebelum ayahnya dikirim ke wilayah Xinjiang di barat laut China sebagai bagian dari "program deradikalisasi pemerintah".

Pencarian dirinya malah menjadikan Syedin mengecam kepada pencarinya sebagai tindakan "anti-China".

Iminjan Seydin, merupakan mantan profesor sejarah China di Institut Islam Xinjiang, telah dijatuhi hukuman 15 tahun penjara karena dituduh "menghasut ideologi radikal."

Selain menjadi profesor sejarah selama lebih 30 tahun, Seydin juga memulai penerbitan sendiri pada tahun 2012, dan menerbitkan lebih dari 50 buku tentang teknologi, pendidikan, psikologi, dan isu-isu perempuan.

Menurut Imin, putrinya, sang ayah tidak terlalu relijius dan umumnya mematuhi pedoman pemerintah Cina tentang ketaatan beragama.

Baca juga: AS Beri Sanksi China atas Pelanggaran HAM terhadap Uighur dan Minoritas Lain

Tiga tahun lalu Imin masih bekerja di rumah sakit di Amerika.

Berbekal internet, Imin berusaha membangun kesadaran bahwa telah terjadi 'penghilangan' ayahnya.

Selama tiga tahun terakhir, ratusan intelektual Uighur dipenjara atau dimasukkan ke dalam kamp di Xinjiang oleh pemerintah China bersama ribuan warga Uighur lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X